Menu Utama
April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archive for April 7th, 2012

Ket Gambar : Kepala BKD Kab. Bombana Drs. Ridwan ( kiri ) bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana Ir. H. Rustam Supendy,  M. Si ( Kanan)

Rumbia,  Terbitnya Pengumuman tertanggal 22 maret 2012  dari BKN Pusat terkait daftar nama nominatif tenaga honorer Kategori I yang telah memenuhi kriteria berdasarkan validasi data yang berjumlah berjumlah 16 orang, kesibukan mulai terlihat yang disebabkan munculkan daftar nama untuk usulan Database kategori II khususnya bagi tenaga Honorer lingkup Pemkab Bombana yang tidak terdaftar di kategori I.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) Kab. Bombana Drs. Ridwan membenarkan hal tersebut,” ada rekam data ( validasi)  usulan kategori II ( K2) telah kami kirimkan ke masing – masing instansi sesuai arahan dari BKN Pusat bahwa data usulan untuk Kategori II paling lambat diterima 30 April 2012“ tukas Ridwan

Untuk di ketahui, dari beberapa pemberitaan di berbagai media, bahwa untuk pengangkatan Tenaga Honorer kategori II ( K2) masih menunggu pengesahan RPP yang telah diajukan karena hingga saat ini rancangan tersebut belum ditanda tangani presiden, dan diperkirakan RPP tersebut akan disetujui setelah data honorer yang masih tertinggal pendataannya telah rampung secara keseluruhan.

Drs. Ridwan juga mengatakan bahwa data yang dikeluarkan oleh BKD Kab. Bombana terkait nama – nama yang masuk usulan Kategori II, bukan merupakan suatu yang pasti atau secara otomatis langsung terkafer di kategori II, sebab hingga kini BKD Kab. Bombana masih melakukan perekaman ulang data ( validasi data ) seperti yang telah di kirim ke dinas – dinas lingkup pemkab bombana, “ jadi yang menentukan seseorang itu bisa di usulkan di BKN untuk pemenuhan database kategori II tergantung validasi data saat ini dan terangkatnya seseorang itu yang menentukan BKN pusat, BKD Kabupaten hanya mengusulkan jika validasi data telah kami rampungkan, serta telah disetujuinya aturan terkait usulan RPP ( Rancangan Peraturan Pemerintah ) dari Pemerintah Pusat tentang Pengangkatan Database kategori II” Ujar Drs.  Ridwan

Ditempat terpisah, Sekda Kabupaten Bombana Ir. H. Rustam Supendy, M. Si mengatakan bahwa untuk saat ini Database yang telah diumumkan melalui kategori I dan adanya edaran nama – nama usulan kategori 2 belum sampai pada tahapan finalisasi, sebab menurutnya, khususnya K1 masih ada masa sanggah selama 14 hari yang diperuntukkan bagi tenaga honorer yang merasa dirugikan, “ jika ada yang komplain KI dan ditemukan data yang tidak benar maka itu akan gugur dengan sendirinya, apalagi Usulan K2 yang saat ini telah beredar, jika ditemukan ada pemalsuan data,  perlu di ingat juga bahwa pejabat yang bertanda tangan pada permalsuan data tersebut akan diberikan sangsi” kata Ketua KKSS kab. Bombana ini.

Mantan Kepala Bappeda Kab. Bombana ini juga menegaskan bahwa khusus K2 tetap akan di Verifikasi ulang “selaku penanggung jawab dan pembina kepegawaian di kabupaten ini, saya mau akomodir semua, tapi supaya jelas semua, saya akan verifikasi ulang usulan K2,ini demi kebaikan semua orang, namun saya berharap mudah – mudahan semua usulan K2 yang ada sekarang ini benar – benar  memiliki SK 2005, tapi jika tidak  lebih baik tidak diteruskan karena mulai bupati, wakil bupati , sekda, kepala BKD dan inspektorat bisa saja di mintai keterangan”, tukasnya.

Ket. Gambar : Kepala BKD kab. Bombana Drs. Ridwan saat memberikan keterangan mengenai Database di ruang Kerjanya,( foto : Herry )

Rumbia, Penantian bagi tenaga honorer Kabupaten Bombana yang masuk pada kategori 1 akhirnya terjawab dengan terbitnya surat pengumuman yang ditandatangani oleh Wakil Kepala BKN Eko Sutrisno tertanggal 22 – 3 – 2012.

(download, Database Kategori 1 )

Kepala BKD Kab. Bombana saat ditemui diruang kerjanya Drs. Ridwan mengatakan bahwa dari data yang diterima BKD dari BKN Pusat, Jumlah tenaga honorer yang lulus pada Kategori hanya berjumlah 16 orang yang tersebar di seluruh Kabupaten Bombana.” Kami sudah menerima suratnya, dan kami akan umumkan melalui media cetak dan website resmi Kabupaten Bombana (www.bombanakab.go.id)” tukas Ridwan

pengumuman yang dikeluarkan oleh BKN pusat tersebut menurut  Drs. Ridwan tidak bersifat final, sebab  data yang ada yang berjumlah 16 orang tersebut bisa bertambah dan bahkan bisa berkurang, “ jika ada tenaga Honorer yang merasa dirugikan akan pengumuman ini,kami masih membuka masa sanggah selama 14 hari, disertai dengan data valid yang bersangkutan yang menyatakan bahwa dia benar – benar telah magang sejak tahun 2005 sesuai aturan untuk kategori 1.“ tegasnya.

Mengenai Database Kategori 2, Drs. Ridwan juga mengakui Badan Kepegawaian Daerah Kab. Bombana saat ini tengah melakukan rekam atau Validasi Data di seluruh instansi yang ada berdasarkan SE Mempan & RB Nomor 3 Tahun 2012 tentang Database Kategori 1 dan 2 yang sistem penggajiannya diambil bukan dari APBN dan APBD, pasalnya Data untuk kategori 2 harus sesegera mungkin dirampungkan karena akan di serahkan di BKN paling lambat tanggal 30 April.

“ untuk saat ini, data untuk kabupaten bombana yang masuk pada kategori 2 sesuai data dari kepala BKD lama berjumlah 750 orang, dan yang inilah sedang kami validasi ulang, dan perlu untuk diketahui bahwa dari semua Kabupaten di Sultra, jumlah Database untuk kategori 2 kabupaten Bombanalah yang paling sedikit” Kata H. Ridwan.