Menu Utama
December 2014
M T W T F S S
« Nov    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Rumbia, Panitia Pengukuhan Mokole ke 7 etnis Mororene dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 11 juli 2012, hal tersebut terungkap saat panitia pelantikan / pengukuhan  Mokole tersebut menemui bupati bombana di rujabbuapti hari in i(13/6).  

Usai menyerahkan Pontolea yang merupakan simbol adat kepada bupati bombana, Ismail Mapa yang juga pembawa adat, mengatakan bahwa kehadiran panita pelantikan pengukuhan dalam rangka meminta restu kepada bupati bombana selaku pihak pemerintah daerah dan motivasi agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.  

” selaku pelindung dalam kegiatan ini, kami harap Bapak Bupati Bombana bisa memberikan bantuan moral maupun moril kepada kami ” ujar Ismail.  

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil saat menerima panitia pengukuhan mokole ke 7, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebab menurutnya  sangat memiliki nilai positif khususnya dalam pengembangan budaya, apalagi untuk saat ini nilai budaya atau simbol budaya di daerah sudah sangat kurang. ” saya harap, ini menjadi perhatian kita bersama” kata H. Tafdil.  

Diakui juga Ketua DPD PAN  Bombana ini, bahwa dirinya beberapa saat lalu sempat mencari tanda budaya etnis asli daerah ini (moronene),  hal tesebut di lakukannya sesuai program visi dan misinya terkait kearifan budaya lokal yang harus dilestarikan. sebab hingga saat ini budaya asli dari etnis moronene yang bisa ditemui yakni bosu bosu dan borisininta yang merupakan corak asli dari budaya leluhur kata bupati.   Bupati berharap, pelaksanaan kegiatan ini bisa sukses dan terlaksana dengan baik sebagai langkah awal menyatukan visi dalam rangka  melestarikan budaya, sehingga kedepannya tidak ada lagi pro dan kontrak yang terjadi.  

” dalam waktu dekat ini tanggal 23 juni 2012, RKM ( Rukun Keluarga Moronene ) Pusat Di Makassar akan melaksanakan pagelaran budaya moronene di makassar, makanya saya juga lagi mencari waktu agar kegiatan tersebut bisa juga dilaksanakan di kendari ” Kata H. Tafdil.  

Pada Pertemuan di rujab Bupati Bombana, Panitia Pengukuhan yang berjumlah 7 orang di pimpin oleh H. Latief Haba, sedangkan Bupati Bombana di dampingi Asisten II Setda Bombana Ir. H. Selamet Rigay dan Kabag Humas Drs. Hasdin Ratta.pihak pemerintah juga akan memberikan bantuan sebagai salah satu penunjang terlaksananya kegiatan tersebut.

” kita akan menyesuaikan anggaran yang ada di dinas pariwisata untuk membantu kegiatan ini ” ujar H. Tafdil  

Dari data yang dihimpun Author Website Pemkab bahwa sejak dilantiknya Mokole Rumbia ke 6 Alm. H. Dawondu Munara tahun 2001 lalu, baru tahun ini pelantikan Mokole ke 7 akan dilaksanakan yang rencana kegiatan pengukuhan tersebut akan dilaksanakan di Rumah Adat Moronene yang terletak di Kelurahan Taubonto, dan menurut informasi  Alfian Pimpie, SH  akan di daulat menjadi Mokole Ke 7 Rumbia.

Leave a Reply