SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BOMBANA
Menu Utama
November 2017
M T W T F S S
« Jan    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kelurahan Aneka Marga merupakan eks UPT Rumbia SP III yang ditempatkan pada tahun 1982 hingga tahun 1983, jika dilihat  secara administratif saat itu, Kelurahan yang satu ini masih berada di wilayah Kecamatan Rarowatu, namun seiring waktu Kelurahan Aneka Marga yang mekar pada tahun 2007 dimasukkan dalam wilayah administratif Kecamatan Rarowatu Utara dan ditetapkan sebagai Ibu Kota Kecamatan.

Sebagai   salah   satu   Kelurahan yang terpadat di Kabupaten Bombana dengan jumlah penduduk 1216 jiwa, secara geografis Kelurahan Aneka Marga  memiliki  luas  wilayah  14,25 Km2    dengan batas   wilayah Sebelah utara berbatasan dengan Desa Marga Jaya, Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tembe, Sebelah timur berbatasan dengan Desa Tunas Baru, Sebelah barat berbatasan dengan Desa Wumbubangka, posisi kelurahan Aneka Marga memang sangat strategis karena dengan jarak tempuh 30  menit  dengan  kendaraan  bermotor dari ibu kota Kabupaten Bombana akan semakin mempermudah baik masyarakat maupun aparat pemerintah setempat untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten.

Selain didiami berbagai macam etnis diantaranya jawa, Bugis, Moronene, Toraja dan etnis lainnya yang mayoritas bermata pencaharian sebagai  petani,  Kelurahan Aneka  Marga yang saat ini di Pimpin seorang perempuan Yudarni, S. Ag memliki potensi –  potensi  yang  cukup  menjanjikan jika di kelolah dengan baik, bahkan di daerah tersebut banyak hewan ternak yang bisa di kembangbiakkan masyarakat setempat, namun hal itu harus didukung sepenuhnya dengan berbagai macam program baik itu dari Pemerintah Kelurahan maupun Pemerintah Kabupaten.

Masuknya era baru Pemerintahan Bombana di bawah kepemimpinan H. Tafdil bersama Ir. Hj. Masyhura, harus di akui telah banyak perubahan yang terjadi di kelurahan tersebut, dari sisi pembangunan infrastruktur dasar, Yudarni Lurah Aneka Marga menceritakan dengan bantuan pemerintah melalui dana Program Gembira Kelurahan 350 juta pertahun, Deukker yang selama ini sulit untuk dilalui kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, sekarang ini sudah bisa lewati, bahkan dengan bantuan tersebut sudah banyak rumah penduduk yang tidak layak huni di renovasi melalui program bedah rumah.

Tidak bisa dipungkiri, dengan masuknya program Gembira Kelurahan telah banyak merubah pola pikir dan pola kerja di Kelurahan Aneka Marga, salah satu parameter yang berkembang secara pesat di daerah tersebut salah satunya pula tatanan sistem pemerintahan, jika dulu segala bentuk pekerjaan masih dikerjakan secara manual, dengan adanya dana segar tersebut, pengadaan seperti laptop sebagai salah satu penunjang peningkatan kinerja para Pegawai negeri Sipil maupun Tenaga Honorer di Aneka Marga sudah terlihat secara nyata.

Yudarni merupakan Lurah Kedua di Aneka Marga yang dilantik tahun 2012 lalu menggantikan Syahrullah, S. Sos menerangkan bukan tidak mungkin dengan bergulirnya dana tersebut kesemua Desa dan Kelurahan bahkan Kecamatan di Kabupaten Bombana, cepat atau lambat akan membawa perubahan yang begitu signifikan, baik dalam bentuk pemberdayaan masyarakat maupun dari sisi perbaikan infrastruktur yang bisa lebih menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

“ saat ini saja kita sudah sangat rasakan manfaatnya, coba bayangkan jika dana ini terus di gulirkan, maka saya yakin akan banyak perubahan yang bisa kita lakukan “ terang Yudarni.( Her ).

Leave a Reply