SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BOMBANA
Menu Utama
November 2017
M T W T F S S
« Jan    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Rumbia. Pembentukan dan pengukuhan Pegawai Hukum Sara Masyarakat Kecamatan Rumbia Tengah oleh Bupato Bombana H. Tafdil, SE, MM Pekan lalu mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari berbagai kalangan, pasalnya dengan terbentuknya Lembaga Masyarakat yang menjembatani berbagai kebiasan adat istiadat dalam lingkungan masyarakat akan sangat membantu masyarakat dalam melaksanakan berbagai rutinitas kebiasaan mereka saat melakukan suatu hajatan.
Ketua Panitia Pengukuhan Lanuzuru yang ditemui disela – sela pengukuhan tersebut mengaku sangat bersyukur dengan terbentuknya lembaga ini, menurutnya banyaknya kebiasaan masyarakat yang rutin dilaksanakan dalam suatu hajatan akan lebih mudah dilaksanakan dengan terebntuknya lembaga ini.
” Misalnya masyarakat mau adakan barasanji, maka tidak perlu lagi kesana kemari cari orang yang biasa melakukan barasanji, sisa menghubungi saja lembaga ini ” kata Lanuzuru.
PNS yang bekerja di Depag Bombana ini mengurai untuk kepengurusannya sendiri melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti Tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang mengetahui persis apa yang menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat hingga saat ini.
Di tempat yang sama, Bupati Bombana H. Tafdil, SE. MM yang mengukuhkan langsung pengurus lembaga ini memberi apresiasi yang sangat tinggi apa yang menjadi keinginan masyarakat dengan pembentukan lembaga ini, Sebab dengan terbentuknya lembaga ini, sarana ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam perbedaan adat istiadat karena semua tokoh adat ikut terlibat langsung dalam lembaga ini.

” Di bombana ini harus kita akui masyarakat kita memang sangat heterogen karena bukan hanya satu etnis saja yang ada di bombana, sehingga lembaga ini bisa menjadi satu solusi jika ada kegiatan masyarakat seperti perkawinan jika yang menikah tersebut memiliki adat istiadat yang berbeda ” kata H. Tafdil.
Bahkan orang nomor satu di Pemerintah Daerah Bombana ini akan memikirkan kelanggengan lembaga ini dengan berencana mengalokasi anggaran operasional lembaga ini melalui anggaran Gembira Desa.
” Kita harus memberi apresiasi yang tinggi apa yang menjadi keinginan masyarakat dengan membentuk lembaga ini karena tidak sedikit jasanya yang sangat di butuhkan oleh masyarakat, makanya nanti kita atur masalah operasionalnya dalam program gembira desa ” terang H. Tafdil.
Seperti diketahui, kepengurusan lembaga yang saat ini masih terbatas di wilayah rumbia tengah memang sangat menarik perhatian berbagai kalangan terlebih lagi masing – masing tokoh yang ada di Desa dan Kelurahan yang ada di Rumbia tengah terlibat langsung dalam kepengurusan ini, untuk Kelurahan Poea masyarakat yang terlibat dalam kepengurusan lembaga ini sebanyak 10 orang, Kelurahan Lauru 14 orang, Kelurahan Kampung Baru 11 orang, Desa Tapuahi 14 orang dan Lampata 8 orang.
” Kita juga akan mendorong di Kecamatan lain untuk membentuk lembaga seperti ini karena tidak sedikit manfaat yang bisa di peroleh khususnys dalam menyatukan perbedaaan persepsi yang ada di masyarakat ” sambung Bupati Bombana.

Leave a Reply