Visi dan Misi Kabupaten Bombana

Diposting oleh: Admin
Sejarah

MENUJU BOMBANA SEJAHTERA (MUNAJAH) TAHUN 2017-2022
Makna sejahtera dalam konteks ini adalah merupakan simbolisasi
filosofis dari suatu keadaan masyarakat Kabupaten Bombana yang
religius, berkeadilan, aman, sejahtera dan berbudaya.

 

VISI

  1. Religius; Terwujudnya kerukunan antar umat beragama, terpenuhinya hak-hak dasar dalam menjalankan ajaran agama, dan terwujudnya keseimbangan kehidupan beragama, antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional (kepedulian sosial)
  2. Berkeadilan; Seluruh lapisan masyarakat diberi peluang yang sama dalam menjalankan aktifitas sosial, ekonomi dan mendapat perlindungan hukum, hak asasi manusia yang sama dan pelayanan pemerintah, pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan yang merata.
  3. Aman; Terjaminnya rasa aman masyarakat dalam melakukan aktifitas sosial, politik dan ekonomi.
  4. Sejahtera; terciptanya kehidupan masyarakat dalam tatanan nilai yang luhur, sopan santun, taat dan menjunjung tinggi kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang dalam mayarakat.
  5. Berbudaya; menumbuh kembangkan nilai-nilai dasar masyarakat Bombana yang agamis, nilai kejuangan, etika sosial bermasyarakat yang menyatu pada akar budayanya dan nilai-nilai sosial yang bersifat universal. Dengan demikian kesejahteraan yang ingin dicapai dalam lima tahun kedepan adalah upaya untuk melanjutkan terpenuhinya hak dasar masyarakat berupa kemudahan akses pendidikan, kesehatan dan akses ekonomi, tersedianya infrastruktur secara merata dan terciptanya lapangan kerja yang memadai sehingga dapat terwujudnya peningkatan kualitas hidup sosial ekonomi masyarakat. Kendatipun kita sadari bahwa pembangunan yang berhubungan dengan hak dasar masyarakat seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi telah banyak dilakukan pada periode sebelumnya tetapi masih banyak hal yang perlu dilanjutkan untuk periode selanjutnya.

 

MISI

Untuk mewujudkan Visi pembangunan tersebut maka ditetapkan lima
Misi lanjutan pembangunan atau agenda utama pembangunan lanjutan
Kabupaten Bombana lima tahun kedepan yaitu;

  1. 1. Melanjutkan Percepatan Pembangunan Infrastruktur; dimaksudkan untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi, memudahkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan membuka isolasi wilayah.
  2. Melanjutkan Reformasi Birokrasi; dimaksudkan untuk menciptakan kondisi pemerintahan yang mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat melalui penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik ( Good governance) aparat yang memiliki kompetensi, professional serta menjamin kepastian dalam jenjang karir serta promosi jabatan.
  3. Melanjutkan Pembangunan Ekonomi; dimaksudkan untuk menciptakan suatu sistem perekonomian masyarakat secara berimbang dan menguntungkan pada seluruh strata ekonomi untuk mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan melalui sektor pertanian dan perikanan / kelautan sebagai andalan utama.
  4. Melanjutkan Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas iman dan taqwa, kualitas intelektual serta kesehatan jasmani dan rohani melalui peningkatan sektor pendidikan dan kesehatan.
  5. Melanjutkan Pemantapkan Pembangunan Budaya Masyarakat Bombana; dimaksudkan untuk merekatkan masyarakat Bombana yang heterogen dalam kebersamaan dan kebhinekaannya yang didasari pada kearifan budaya lokal.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda