RSUD Bombana-UHO kerja sama peningkatan layanan kesehatan

RSUD Bombana-UHO kerja sama peningkatan layanan kesehatan

(Sumber: Antaranews)

Rumah Sukit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Kepala RSUD Bombana, drg Riswanto, dari Rumbia, Sabtu, mengatakan kerja sama, antara lain tentang penyelenggaraan, penyediaan, pengelolaan, dan pemberdayaan sumber daya yang terdiri atas sumber daya manusia (SDM), sarana, dan prasarana.

"Serta fasilitas lain secara terencana, terintegrasi, transparan, akuntabel, efektifitas, dan efisien untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan pendidikan kedokteran di RSUD Kabupaten Bombana," katanya.

Dia mengatakan kerja sama itu sebagai tindak lanjut implementasi visi-misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Bombana di bawah Bupati Bombana Tafdil dan Wakil Bupati Bombana Johan Salim dengan Program "Gembira Sehat".

Ia berharap, setelah melalui kerja sama itu, tidak ada lagi mahasiswa kedokteran yang mengantre untuk menyelesaikan tugas akhir kuliahnya dan tanggung jawabnya dalam menyelesaikan studi sesuai disiplin ilmu mereka.

"Karena sejumlah rumah sakit di daerah kabupaten dan kota sudah siap untuk menerima sesuai kontrak kerja sama yang telah disepakati," ujarnya.

Dia menjelaskan kerja sama antara Pemkab Bombana dengan Universitas Haluoleo (UHO) akan berlangsung selama lima tahun dan akan dievaluasi secara berkala, sehingga diharapkan bantuan tenaga medis yang akan ditugaskan untuk melayani masyarakat Bombana betul-betul dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan pemkab setempat.

"Mahasiswa kedokteran (koas, red.) yang nantinya bertugas di Bombana tetap dalam bimbingan dan didampingi oleh dokter pembimbing dari UHO. Jadi mereka (dokter koas, red.) tidak diperbolehkan melakukan diagnosa ataupun tindakan medis lainnya tanpa petunjuk pendampingan dari dokter pembimbing," katanya. 

Pewarta : Suparman
Editor: Hernawan Wahyudono

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda