Penerapan Aplikasi e-planning di Pemkab Bombana Akan Diawasi KPK

Penerapan Aplikasi e-planning di Pemkab Bombana Akan Diawasi KPK

Rumbia, (Sumber:mediakendari.com)
Dalam rangka menghadapi perencanaan yang berbasis elektronik pada 2019 hingga 2022 mendatang, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi e-planning dalam penyusunan perencanaan dokumen pembangunan, Rabu (28/11/2018).

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Bupati Bombana ini, turut dihadiri Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra serta beberapa perwakilan Organisasi Perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana.

Kepala Bappeda Bombana, Sukarnaeni Arif mengatakan, bahwa kedepan sistem penyusunan dokumen perencanaan sudah menggunakan aplikasi e-planning, jadi mulai sekarang semua OPD hingga Pemerintah Kecamatan akan menggunakan aplikasi e-planning dalam setiap penyusunan dokumen.

“Menu-menu dalam aplikasi e-planning sudah tersiapkan oleh sistem, yang diambil dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana pembangunan jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Kerja pemerintah Daerah (RKPD). Sehingga aplikasi e-planning ini terkoneksi dengan aplikasi e-budgeting,” terangnya.

Dirinya berharap dengan aplikasi e-planning sistem perencanaan bisa terpola secara baik dan tidak ada lagi pola-pola konvensional, serta pola-pola tradisional yang menyusun program-program di pertengahan tahun.

“Program aplikasi e-planning ini merupakan salah satu program Sistem informasi kordinasi dan supervisi pencegahan (KORSUPGAH) yang masuk dalam pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),”tutupnya. (B)

Reporter : Hasrun

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda