Forum Perempuan Bombana, Kunjungi UMKM Di Kota Batu, Jatim

Forum Perempuan Bombana, Kunjungi UMKM Di Kota Batu, Jatim

Rumbia, Kominfos –
Setelah menerima materi Bimbingan Teknis(Bimtek) pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Malang Jawa Timur (Jatim) oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Forum Perempuan Bombana yang di pimpin oleh ketua Tim Penggerak PKK Pemkab Bombana Hj. Andi Nirwana S. Kemudian melanjutkan mengunjungi pelaku UMKM di Kota Batu, Jatim.

Forum yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari TP PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa, Dharma Wanita, Persatuan Istri-istri Anggota Dewan (Piswan), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Dekranasda Mengunjungi pelaku UMKM di jalan Raya Junggo Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jatim, dimana UMKM yang dikunjungi adalah UKM Gapura sebuah Usaha Produksi Kripik buah yang omzetnya setiap bulannya kurang lebih Rp 50 juta hingga Rp 100 jutaan.

Salah satu karyawan UKM Gapura Puguh Hariono yang menjelaskan kepada Rombongan forum Perempuan tentang cara-cara pembuatan kripik buah, dan juga menunjukkan khusus untuk menggoreng buah tersebut yang menjadi rahasia gurihnya keripik buah dan menjadi oleh-oleh khas kota Malang. “Semua buah kita sudah pernah jadikan keripik berkat alat penggorengan khusus ini, dan hasilnya sudah kami ekspor keluar Jawa. Dan produk unggulan kami disini adalah keripik apel yang menjadi ikon oleh-oleh khas Malang,” paparnya.

 

Ketua TP PKK Hj. Andi Nirwana usai mengunjungi UKM Gapura mengatakan, UKM tersebut sangat menginspirasi dirinya beserta rombongan, dimana setiap penjelasan-penjelasan pihak UKM sangat dicermati seluruh anggota rombongan.”Kalau di Malang terkenal dengan melimpahnya buah apelnya, kalau kita di Bombana buah yang banyak adalah pisang dan kelapa. Dan setelah saya tanya-tanya Kelapa dan Pisang juga bisa dibuatkan keripik, bahkan salah satu produk baru mereka yang sangat diminati adalah keripik pisang, “paparnya.

Lanjut Istri Bupati Bombana H. Tafdil itu, pihaknya sangat tertarik untuk mengimplementasikan kunjungannya di UKM Gapura di Bombana, mengingat Bombana juga memiliki potensi yang tidak jauh berbeda dari pada Malang.” Bombana tidak kalah, kalau di Malang ada apel kita ada Pisang, dan Pisangpun bisa jadi keripik dan ini akan kami kembangkan agar Bombana bisa juga memiliki UKM yang unggul seperti UKM Gapura. Dan setelah kunjungan ini kami akan mendiskusikan untuk menunjuk di wilayah mana akan kami buka usaha ini khususnya wilayah yang melimpah hasil buahnya utamanya buah pisang salah satunya di Kecamatan Poleang, “tutupnya.

Penulis :Team Kominfos

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda