MARI SALING BERGANDENG TANGAN UNTUK BOMBANA BEBAS KUSTA

MARI SALING BERGANDENG TANGAN UNTUK BOMBANA BEBAS KUSTA

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Dinkes) Dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia (World Leprosy Day) Tanggal 27 Januari 2019 dan untuk menyukseskan Bombana eliminasi/bebas kusta Tahun 2020, Dinas Kesehatan melaksanakan rangkaian  kegiatan seperti sosialisasi/penyuluhan, pembagian leaflet/brosur, pelaksanaan ICF (Intesify Case Finding) melalui pemeriksaan kesehatan masyarakat untuk mencari bercak pada kulit yang merupakan gejala awal penyakit kusta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 22 Puskesmas se-Kabupaten Bombana di sepanjang januari ini. Sebagai awal, Puskesmas Matausu bersama crew Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinas Kesehatan yang dikoordinir langusng  oleh Ibu muda yang penuh semangat dan inovatif (Ibu Andi Ira Angraeny Rahman, SKM, M.Kes) dibawah Pimpinan dr. H. Sunandar, MM.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana melaksanakan rangkaian  kegiatan seperti sosialisasi/penyuluhan oleh dr. Raka, pembagian leaflet/brosur, pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di Balai Desa Totole pada Tanggal 14 Januari 2019. Selain kegiatan program P2 kusta, dilakukan kegiatan terpadu seperti sweeping Imunisasi MR, P2 Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa.

Kegiatan seperti ini diharapkan dilaksanakan juga di desa lain, sehingga upaya penemuan dini kasus kusta dan pengobatan standar dapat maksimal menuju Bombana Bebas Kusta Tahun 2020.

Dinas Kesehatan menagajak Pemerintah dan masyarakat, Mari Saling Bergandeng Tangan Menuju Bombana Bebas Kusta dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

1.     Jadikan Keluarga sebagai penggerak pencegahan Penyakit

2.     Tingkatkan Hygiene Perorangan dan kesehatan lingkungan

3.     Jika menemukan bercak pada kulit segera periksakan ke Petugas Kesehatan terdekat untuk deteksi lebih dini

4.     Kusta bukan penyakit keturunan atau karena kutukan, melainkan penyakit yang disebabkan oleh kuman kusta (Mycrobakterium Leprae)

5.     Penyakit Kusta dapat sembuh jika minum obat teratur dan sesuai standar.

6.     Pemeriksaan dan pengobatan kusta gratis di Puskesmas”

 

Puncak peringatan Hari Kusta Sedunia di Kabupaten Bombana yaitu pada tanggal 27 Januari 2019 berupa pembagian leaflet/brosur mengenai penyakit kusta yang bertempat di Tugu Munajah dan Tugu Brimob Kecamatan Rumbia dengan slogan ”MARI SALING BERGANDENG TANGAN UNTUK BOMBANA BEBAS KUSTA”

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda