APARAT DESA BOMBANA DILATIH GUNAKAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0

APARAT DESA BOMBANA DILATIH GUNAKAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0

Rumbia, Infokom.

Untuk meningkat kapasitas aparatur Desa Pemkab Bombana menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan Desa melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 tahun 2019. Dimana dalam aplikasi tersebut dapat memacu Desa-desa di Kabupaten Bombana untuk lebih baik dalam pengelolaan keuangan Desa baik itu perencanaan pembangunan Desa, Penganggaran, Penatausahaan, Pelaporan dan pertanggungjawaban.

Wakil Bupati Bombana, Johan Salim yang membuka Bimtek disalah satu Hotel di Kota Kendari, Selasa (22 /1/2019) lalu menjelaskan bahwa aplikasi Siskeudes bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan pengelolaan Desa yang Transparan, Partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. "Aplikasi ini sebagai alat bantu bagi pemerintah Desa guna mencatat perencanaan pembangunan Desa, penganggara, penatausahaan, dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Desa, dan Dana Desa secara digital. Sehingga mempermudah dalam menyajikan laporan keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, "paparnya.

Olehnya itu lanjut mantan Anggota DPRD Bombana itu, peran pemerintah Desa sangat strategis dengan meningkatnya jumlah uang yang dikelola Desa. Dukungan berbagai kebijakan yang terinternalisasi dengan baik dalam tata kelola pemerintahan Desa serta dukungan kapasitas dan pengawasan juga harus ditingkatkan agar pengelolaan keuangan Desa dan dana Desa dapat berjalan efisien dan efektif. " Peran pemerintah Desa harus aktif, agar semua berjalan dengan baik" ujarnya.

 

Selain itu Wakil Bupati Bombana juga menjelaskan selain mendorong peran Pemerintah Desa agar proaktif, Pemkab Bombana juga memberikan dukungan penuh kepada Pemerintaj Desa melalui Program Gembira Desa. Yaitu pada tahun 2018 Pemkab bombana menganggarkan Rp 60,5 miliar untuk alokasi dana desa (ADD) dimana setiap Desa mendapatkan Rp 500 juta. "Ini sesuai dengan visi misi Bupati Bombana, dan ini konsistem kami lalukan dari periode pertama hingga saat ini," tutupnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda