DPM-PTSP Kab. Bombana Optimalkan Layanan Perizinan Berusaha Secara Online

DPM-PTSP Kab. Bombana Optimalkan Layanan Perizinan Berusaha Secara Online

Rumbia, Kominfos

(Sumber : DPM-PTSP) Dalam upaya meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan sebagai salah salah satu pelaksanaan atas Peraturan Pemerintah  Nomor 24 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektrik/Online Singel Subsmission (OSS), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Bombana mulai tahun 2019 berupaya memaksimalkan pelayaan secara elektronik melalui website : www.oss.go.id.


Sehubungan dengan hal tersebut, kami menghimbau kepada seluruh masyarakatyang akan mengurus perizinan pada DPM-PTSP Kab. Bombana, agar terlebih dahulu mendaftarkan usahannya dan mengajukan permohonan perizinan melalui website : www.oss.go.id.


Dalam mengakses website tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan masyarakat adalah melakukan pendaftaran (menu DAFTAR) untuk memperoleh akun oss, setelah itu masyarakat LOG IN (menu MASUK) dengan menggunakan akaun oss yang telah didaftar, selanjutnya menginput seluruh data-data usaha yang dimiliki dan mengajukan perizinan yang dibutuhkan.
Sebelum mengakses website tersebut, masyarakat harus menyiapkan berbagai berkas yang dimiliki, utamanya KTP, Email yang aktif, Nomor Telp/HP yang aktif, NPWP dan data perusahaan.


Bagi masyarakat yang telah mengakses dan menginput datanya dengan benar, secara langsung akan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai tanda bahwa usaha yang dimiliki telah terdaftar secara nasional. Selain itu, masyarakat juga secara langsung  memperoleh izin-izin yang dibutuhkan seperti izin usaha, izin lokasi, izin lingkungan, IMB dan lain-lain.


Dengan diperolehnya NIB dan izin lainnya melalui OSS, masyarakat sudah boleh melakukan aktifitas persiapan-persiapan dalam usahannya, seperti pengelolahan lahan dan pembangunan tempat usaha. Bahkan dapat langsung melakukan kegiatan usaha untuk usaha mikro.

Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa izin-izin yang diperoleh meallui OSS tersebut belum berlaku efektif, untuk mengefektifkan izin-izin tersebut , masyarakat harus memenuhi komitmen berusaha  yaitu dating ke DPM-PTSP Kab. Bombana dengan membawa berkas-berkas yang dipersyaratkan, selanjutnya pihak DPM-PTSP Kab. Bombana akan mengeluarkan persetujuan/izin yang dibutuhkan untuk mengefektifkan izin yang diperoleh melalui OSS. Masyarakat diberi jangka waktu paling lambat 10 hari setelah memperoleh izin agar datang ke DPM-PTSP Kab. Bombana  untuk mengefektifkan izin tersebut.


Bagi masyarakat yang belum memahami dalam mengakses website tersebut, DPM-PTSP Kab. Bombana telah menyediakan loket layanan yang akan membantu masyarakat dalam mengakses website tersebut.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda