Lima Puskesmas Bombana Lulus Akreditasi Kemenkes

Lima Puskesmas Bombana Lulus Akreditasi Kemenkes

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Lentera Sultra) Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bombana kini sudah Lulus Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kelima Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Kabaena Timur, Puskesmas Kabaena Barat, Puskesmas Poleang Barat, Puskesmas Poleang Timur dan Puskesmas Poleang Utara. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Bombana, dr. Sunandar saat ditemui oleh lenterasultra.com, Sabtu, (02/02/19).

Mantan Direktur RSUD Bombana tersebut mengatakan bahwa, enam puskesmas yang diusulkan di tahun 2018 dan sudah dilakukan penilaian akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.

“Maka, berdasarkan hasil dari tim surveyor yang bertugas dilapangan, juga setelah melalui rapat kelulusan dan penetapan status akreditasi oleh komisi akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) hasilnya untuk sementara ada lima yang sudah keluarnama-namanya,” ungkapnya.

Lanjut sunandar, kelima Puskesmas tersebut, yang mendapatkan status akreditasi madya berasal dari puskesmas Kabaena Barat. Sedangkan Puskesmas Kabaena Timur, Puskesmas Poleang Barat, Puskesmas Poleang Timur dan Puskesmas Poleang Utara mendapatkan nilai status akreditasi dasar.

“Yang berarti nilai akreditasi Madya dan dasar itu mereka sandang karena dilihat pada peningkatan pelayanan puskesmas, Status akreditasi dapat dipengaruhi mungkin karena ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana, dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas itu sendiri,” terangnya.

Dengan penetapan status Akreditasi puskesmas yang ada di lima kecamatan tersebut kata Sunandar. Maka, bagi puskesmas yang terakreditasi akan diberikan Sertifikasi Puskesmas dan rekomendasi hasil survei dari Kemenkes.

“Dipastikan bahwa akreditasi ini, pasti berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. Jadi harapan besar saya, baik yang sudah diakreditasi atau pun masih dalam tahap proses dan tahap pengusulan agar tetap memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda