TINGKATKAN LAYANAN PUBLIK, PEMKAB BOMBANA PASANG CCTV DI OPD

TINGKATKAN LAYANAN PUBLIK, PEMKAB BOMBANA PASANG CCTV DI OPD

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Tim Kominfos) Bupati Bombana H Tafdil terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat, dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sebagai salah satu peran Pemerintah Pemkab Bombana. Hal tersebut dipertegas dengan pemasangan CCTV disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberikan pelayanan publik, dengan tujuan sebagai kontrol OPD agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan juga memotong mata rantai Pungutan Liar (Pungli) sesuai amanat Komisi Pemberentasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut dijelaskan oleh Bupati Bombana H. Tafdil, SE.MM , melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Andi Idris menjelaskan sesuai dengan keputusan Bupati nomor 424 tahun 2018 tentang penetapan lokasi layanan publik pada perangkat daerah dengan CCTV di Kabupaten Bombana. “Didalam surat keputusan tersebut Bupati Bombana, mewajibkan seluruh delapan OPD yang memberikan layanan publik, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP),  Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pekerjaan Umum (PU),  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Badan Layanan Pengadaaan (BLP), Inspektorat serta Layanan Pengadaan Dengan Sistem Elektronik (LPSE),  Agar memasang CCTV disetiap sudut ruang kerjanya,” katanya.

Dimana pemasangan CCTV tersebut bertujuan untuk mengawasi delapan perangkat daerah tersebut agar bekerja sesuai dengan aturan yang ada, demi menciptakan kedisiplinan kerja dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Serta mengantisipasi adanya peraktik pungli yang rawan terjadi pada perangkat daerah pemberi layanan Publik. “CCTVini untuk memastik bahwa seluruh OPD bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Agar tugas Pemkab Bombana sebagai pelayanan masyarakat dapat direalisasikan dengan baik. Dan juga pemasangan CCTV ini sebagai komitmen Pemkab Bombana dengan KPK menghilangka seluruh potensi-potensi yang dapat menimbulkan tindakan korupsi,” urainya.

Lanjut Pejabat Eselon II tersebut, menjelaskan pemasangan CCTV tersebut akan ditinjau langsung oleh Bupati Bombana H Tafdil, SE. MM melalui Inspektorat Pemkab Bombana. Dimana seluruh CCTV yang terpasang perangkat daerah pemberi layanan publik akan dikontrol melalui Inspektorat Bombana. “Jadi semua aktivitas seluruh Perangkat Daerah yang dipasangkan CCTV, diawasi langsung oleh Bupati Bombana melalui Inspektorat. Dan kalau ada OPD yang melanggar langsung diberikan teguran hingga sangsi,” Tegasnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda