BLP BOMBANA LAKSANAKAN BIMTEK DAN UJIAN PBJ BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2019

BLP BOMBANA LAKSANAKAN BIMTEK DAN UJIAN PBJ BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2019

Rumbia, Kominfos

Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara, akan melaksanakan kegiatan BimbinganTeknis (Bimtek) dan ujian sertifikasi keahlian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Lingkungan Pemerintah pada pertengahan Februari ini.

“Bimtek dan ujian sertifikasi PBJ Pemerintah di Kabupaten Bombana akan dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal 19-23 Februari 2019,” kata Sumardin SE, pejabat Divisi Pelatihan dan Konsultansi L-Peran, baru-baru ini melalui via telpon.

Lembaga Pemberdayaan Rakyat Nusantara atau lebih dikenal L-Peran, merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Pelatihan (LPP) yang telah mendapat pengakuan atau akreditas “B” dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia merupakan institusi yang mendapat tugas Negara di bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sumardin mengatakan, kegiatan Bimtek dan Ujian sertifikasi tingkat dasar ini merupakan wujud kerja sama antara L-Peran dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana yang diwakili BLP Bombana. “Kegiatan ini merupakan tindak lajut dari kerja sama antara kami (L-Peran) dengan pihak BLP Bombana saat sosialisasi pendalaman materi tentang PBJ beberapa bulan yang lalu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sumardin mengatakan setelah kegiatan sosialisasi tersebut, kami dari L-Peran terus mengadakan pertemuan yang intense dengan BLP Bombana yang diwakili Kasubag Kesekretariatan BLP Setda Kab. Bombana FADLAN, S. Si agar dilanjutkan ketahap Bimtek danUjian. “Alhamdullilahirrabil Alamin berkat bantuan dari teman-teman di bagian sekretariat BLP Bombana, akhirnya terjadwal pelaksanaan Bimtek dan Ujian sertifikasi PBJ tingkat dasar,” tutur pemudaTopoya Provinsi Sulawesi Barat itu.

Menurut Sumardin, sesuai kesepakatan bahwa pelaksaan Bimtek dan Ujian akan dilaksanakan di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana “Tempanya terletak di lantai satu kantor Bupati Bombana,” ucapnya lagi.

Ditempat terpisah Kabag BLP Setda Kab. Bombana SOFIAN BACO, ST.,M.P.W mengatakan tujuan dari pelaksanaan Bimtek dan Ujian sertifikasi PBJ di lingkungan pemerintah kab.Bombana adalah selain untuk meningkatkan kemampuan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memahami sistem PBJ yang baik dan benar sesuai Perpres 16 Tahun 2018 tentang tata cara pengadaan barang/jasa Pemerintah juga untuk kecukupan Sumber Daya Aparatur yang memiliki sertifikat barang/jasa pemerintah tingkat dasar agar pengelolaan barang/jasa dilingkup pemkab bombana dapat berjalan efektif dan efisien.

Sesuai arah dan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam pasal 74 ayat (1) Perpres no 16 Tahun 2018 mengamanatkan bahwa pokja pemilihan dan pejabat pengadaan wajib dijabat oleh pejabat fungsional yang memiliki sertifikasi PBJ paling lama tanggal 31 Desember 2020.

Sementara untuk para pejabat yang diserahi tanggung jawab Pengadaan Barang Jasa Pemerintah di kementerian, lembaga atau Pemerintah daerah bahwa paling lambat tanggal 31 Desember 2023 harus sudah memiliki sertifikasi kompetensi PBJ.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda