IVENTARISASI BARANG MILIK DAERAH (BMD), BIDANG ASET MENCIPTAKAN TERTIB ADMINISTRASI

IVENTARISASI BARANG MILIK DAERAH (BMD), BIDANG ASET MENCIPTAKAN TERTIB ADMINISTRASI

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Bidang Aset) Badan Keuangan Daerah Kab.Bombana, Khususnya yang membidangi Asset/Barang Milik Daerah Bombana, akan melaksanakan Inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana yang direncanakan pada Bulan Juli 2019 mendatang,  yang bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi, pengamanan aset, serta pengendalian dan pengawasan aset daerah.

Kepala Bidang Asset "Ganefo" menjelaskan,  Inventarisasi yang akan dilaksanakan terdiri dari 2 aspek, yaitu inventarisasi fisik dan yuridis/legal. Aspek fisik terdiri atas bentuk, luas, lokasi, volume/jumlah, jenis, alamat dan lain-lain. Sedangkan aspek yuridis adalah status penguasaan, masalah legal yang dimiliki, batas akhir penguasaan dan lain-lain.

Lanjut"Ganefo". Prosesnya inventarisasi melalui bidang aset, dilaksanakan dengan cara pendataan, kodefikasi/labeling, pengelompokan dan pembukuan/administrasi pada seluruh OPD lingkup Kab. Bombana. Selain itu inventarisasi aset berfungsi untuk mencatat dan menghimpun data aset yang dikuasai, menyiapkan dan menyediakan bahan laporan pertanggungjawaban atas penguasaan dan pengelolaan aset daerah. Terangnya

Pentingnya pengelolaan barang milik daerah agar dapat diketahui kejelasan status kepemilikan BMD, inventarisasi kekayaan daerah dan masa pakai BMD, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan untuk peningkatan PAD, antisipasi kondisi BMD dalam fungsi pelayanan publik, pengamanan barang milik daerah, menjadi dasar penyusunan neraca, serta kewajiban untuk melaporkan secara berkala.

Dalam rangka efektifnya pelaksanaan kegiatan ini nantinya, maka diharapkan kerjasama dari masing-masing pengelola barang masing-masing OPD lingkup Kab. Bombana untuk mempersiapkan data dan bahan sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan Inventarisasi BMD. Tutupnya

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda