250 HEKTAR LAHAN DISIAPKAN UNTUK PEMBANGUNAN PABRIK BAJA

250 HEKTAR LAHAN DISIAPKAN UNTUK PEMBANGUNAN PABRIK BAJA

(Sumber : bkk.fajar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana telah menyiapkan lahan seluas 250 hektar untuk pembangunan pabrik baja.

Rencananya, pabrik baja dengan investasi mencapai Rp. 40 triliun itu, bakal dibangun di Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana.

Bupati Bombana H Tafdil SE MM mengatakan, lahan seluar 25 ribu hektar  yang disiapkan untuk pembangunan pabrik tersebut  berdampingan dengan lahan PT Artha Mining Industri (AMI).

“Insya Allah selepas pemilihan umum (pemilu) nanti Pemkab Bombana bersama pihak provinsi akan melakukan Memorandum of Understanding (MOU), ” kata Tafdil, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/3).

Bupati Bombana dua periode itu menambahkan, hadirnya investor luar ini, membawa dampak baik buat daerah yang dipimpinnya itu. Terlebih dana investasi awal untuk pembangunan pabrik tersebut yang berjumlah Rp. 40 triliun, bukanlah jumlah yang sedikit.

Tidak hanya itu, sambung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Bombana ini, masyarakat setempat akan dijadikan sebagai karyawan di pabrik tersebut.

“Untuk menghindari tenaga asing, saya akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk membuka jurusan-jurusan yang dibutuhkan di perusahaan itu, khususnya SMK (sekolah menengah kejuruan) di bidang pertambangan, ” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pabrik ini nantinya tidak mengolah hasil bumi yang ada di Bombana. Melainkan, mengambil material dari luar daerah.

“Kami di sini (Bombana, red) hanya menyiapkan lahan, apalagi lahan yang di Kecamatan Mataoleo itu tandus. Dari pada menjadi lahan tidur alangkah baiknya dimanfaatkan dan menyerap tenaga kerja di Kabupaten Bombana, ” tuturnya.

Dirinya berharap, proses pembangunan pabrik itu nanti berjalan dengan lancar dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk mendukung hadirnya investasi besar tersebut.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda