CORAK MORONENE ATRAKTIF DI GELANGGANG NASIONAL, ANDI NIRWANA BANJIR PUJIAN

CORAK MORONENE ATRAKTIF DI GELANGGANG NASIONAL, ANDI NIRWANA BANJIR PUJIAN

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Publik Satu) Sebuah Fashion Show yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis
(28/3) jadi bukti nyata kehadiran sebuah dedikasi. Hadir laksana untaian penegasan, bahwa artefak budaya daerah, juga tidak kalah memikat.

Bertempat di sebuah room aula pameran JCC itu, sebuah panggung sengaja disolek. Panggung itu menjajalkan aneka pesona motif busana. Hadir begitu elegan dan menawan. Terlebih ketika busana bermotif daerah itu, dipamerkan oleh sejumlah peragawan model yang anggun.

Kiranya sore itu, ratusan mata pengunjung berdecak kagum. Setiap peragaan motif yang ditawarkan, ditaburi sanjungan serta tepuk yang ramai. Pujian pun tak putus-putusnya didengungkan pengunjung. “Top top top, semua Mantap,” teriak salah satu pengunjung.

Dari riuh gemilangnya acara itu, artefak motif busana Moronene jadi salah satu yang turut dipamerkan. Warga Bombana pun patut berbangga. Sebab karya leluhurnya tersebut, hadir dalam fashion show yang bergengsi itu.

Setidaknya, tenunan tiga motif Bombana yakni Burisininta, sosoronga serta batik
motif Bosu Bosu tampil begitu memukau. Pesona karya budaya etnis Moronene itu, begitu menggiurkan jika dipadukan dengan aneka busana yang didesain secara modernis.

Kisah tampilnya motif Moronene di kanca Nasional itu, bukanlah hal baru. Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Andi Nirwana bertekad, motif khas Bombana harus go internasional. “Tetap kami berjuang, agar corak khas kita ini, go internasional,” paparnya.

Dia menegaskan, motif Moronene punya kelebihan. Selain khas dan anggun, tiap coraknya memiliki filosofi atau kandungan nilai sejarah. “Motif kita itu kan, sangat menarik. Kita juga punya kelebihan. Tiap coraknya itu, punya kandungan falsafah atau nilai historis,” tambahnya.

Kegigihan Andi Nirwana dalam mempopulerkan corak khas daerah menjadi salah satu Budi dalam karirnya. Sejak di dapuk Ketua Dekranasda 2012 lalu, Ibu empat anak ini mulai mengambil inisiasi terkait pengenalan serta pengembangan potensi budaya daerah.

Mempopulerkan corak khas Bombana ini bukanlah perkara singkat. Mula-mula Andi Nirwana merancang sebuah seminar. Lewat lembaga Dekranasda yang dipimpinnya ini, dirinya ingin mematenkan sebuah motif khas Daerah. Maka di undanglah sejumlah tokoh adat yang paham akan corak keaslian Moronene.

Sebuah buku pun tuntas diterbitkan, sebagai tanda kepatenan sebuah corak khas daerah alias hasil seminar yang digagas sebelumnya.

Usai seminar, perlahan istri Bupati Bombana H. Tafdil ini mulai merancang gaun atau busana dengan mengambil motif yang disepakati dalam seminar itu.

Mulanya untuk konsumtif pribadi. Sesekali ia kenakan saat hadir acara publik. Didesain ala busana moderen, tampilan Andi Nirwana diberbagai kegiatan itu, mulai memikat pandangan publik.

Tampil sederhana, dibalut pakaian corak khas daerah, pesona kharismatik peraih Kartini Award Sultra 2018 ini, perlahan mulai di ikuti sejumlah istri pejabat eselon, hingga kalangan para PNS.

Kian hari kian bertambah. Maka tercetuslah ide fashion show untuk skala daerah. Busana penggunaan corak khas Moronene itu, dibingkai dalam ajang lomba. Digelar dalam acara tertentu, semisal perayaan Hari Ulang Tahun Bombana, atau perayaan dalam memperingati hari besar nasional.

Kiat itu ibarat Gayung bersambut. Dekranasda Bombana sukses menggelar Sebuah Fashion show yang dihelat ditingkat provinsi. Semua rancangan busana daerah dipamerkan. Acara itu mendapat atensi yang luar biasa dari sejumlah pengunjung yang ada di Sulawesi Tenggata.

Sejak itu, Andi Nirwana terus bertekad untuk mengantar rancangan busana khas motif Bombana ke tataran Nasional.

Awal tahun lalu misalnya, Dirinya menggaet Abbe Designer. Sebuah desainer kondang asal Jakarta. untuk membantu mendesiner pakaian yang bermotif khas milik etnis Morone. Kala itu, Bombana mengikuti fashion show skala Nasional yang digelar di Jakarta.

Sukses di skala Nasional, Andi Nirwana bertekad go internasional. Pujian serta dukungan Masyarakat Bombana terus mengalir untuk dirinya. Karyanya membawa nama harum Daerah.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda