6.000 PEKERJA RENTAN DI BOMBANA TERIMA KARTU BPJS KETENAGAKERJAAN

6.000 PEKERJA RENTAN DI BOMBANA TERIMA KARTU BPJS KETENAGAKERJAAN

Rumbia, Kominfos

(Sumber : bkk.fajar) Sebanyak 6.000 pekerja rentan atau  bukan penerima upah (BPU) di Kabupaten Bombana, Sabtu (23/3), menerima  kartu  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Bupati Bombana H Tafdil mengatakan, pemberian kartu BPJS ketenagakerjaan  tersebut , merupakan salah satu  komitmennya dalam mensejahterakan para pekerja di daerahnya. Program ini, katanya, merupakan Gerakan Membangun Bombana Dengan Ridha Allah (Gembira) yang dicanangkan di periode kedua pemerintahannya saat ini bersama wakilnya, Johan Salim.

“Ini merupakan salah satu visi-misi kami dalam mensejahterakan masyakarat Bombana terutama para pekerja rentan yang ada di wilayah Bombana, ” kata Tafdil usai membagikan Kartu Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, yang dimaksud dengan pekerja rentan adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dan rentan terhadap kecelakaan kerja.

“Contohnya itu seperti tukang ojek, supir angkot, pedagang keliling, buruh harian lepas, petani/pekebun, tukang batu dan bahkan pemanjat kelapa pun ada yang dijaminkan dalam program ini, ” jelasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Bombana ini menjelaskan, program pembagian kartu untuk pekerja ini melekat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disnaker) Bombana.

Olehnya itu, sambung Tafdil, dirinya telah mengintruksikan kepada pihak disnaker untuk segera melakukan pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan tahap I untuk triwulan pertama itu kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sultra.

“Disnaker selaku perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Bombana terlihat sangat konsen dengan program kerja ini. Sejak diluncurkan awal tahun 2018 yang lalu dengan jumlah peserta yang dijaminkan sebanyak 3.326 Kepala Keluarga (KK), kini di tahun 2019 sudah ada penambahan peserta hingga berjumlah total 6.000 KK sebagai penerima, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Disnaker Bombana, Seniwati mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan terkait kepesertaan BPJS Ketenagaakerjaan ini.

“Program pembagian kartu asuransi BPJS Ketenagakerjaan ini langsung dirasakan manfaatkanya oleh masyarakat Bombana. Terutama saat bekerja dilapangan, para pekerja ini bisa merasa lebih tenang. Begitu pula dengan keluarga para pekerja yang ada di rumah, ” pungkasnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda