ADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN PARAMETER KEPENDUDUKAN, DINAS PPKB MENGGUNAKAN APLIKASI DEV-INFO

ADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN PARAMETER KEPENDUDUKAN, DINAS PPKB MENGGUNAKAN APLIKASI DEV-INFO

Rumbia, Kominfos

(Sumber : DPPKB) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana, terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan petugas lapangan agar mampu menguasai dalam mengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan menggunakan perangkat software Dev-info (lebih familiar ditulis Devinfo). kegiatan pelatihan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Devinfo sendiri pada dasarnya adalah sistem database yang dapat digunakan untuk kompilasi dan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik maupun peta geografis dengan cakupan wilayah pusat, provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan sampai dengan kelurahan/desa. Dengan kata lain, Devinfo merupakan paket software database yang digunakan untuk mengelola dan mempresentasikan data-data indikator secara terintegrasi. Sofware tersebut dapat diperoleh melalui website http://www.devinfo.org.

" Tujuan dari penggunaan database ini, adalah untuk memantau perkembangan indikator dengan cara mengatur, menyimpan, dan menyajikan data dengan tabel, grafik, dan peta untuk dimasukkan dalam laporan, presentasi, dan bahan advokasi," kata Alamsyah Naim, STP (Sekretaris DPPKB) yang mewakili Kepala Dinas DPPKB Drs. H. Abdul Azis, M.Si di kantornya belum lama ini.

Oleh karena itu melalui kegiatan pelatihan ini dapat diidentifikasi wilayah-wilayah yang capaian indikator kinerja program KKBPK-nya masih kurang. Selain itu, peserta akan mampu mengoperasikan Devinfo, menghasilkan peta berupa : Peta Indikator Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) dan Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) yang menggambarkan wilayah kabupaten sampai dengan desa/kelurahan, harapnya.

Sehingga nantinya dapat dihasilkan data kependudukan dan tersusunnya rancangan induk (grand design) kependudukan yang dapat dijadikan kerangka kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dimasa datang. Ucap mantan Kabid KS

Secara Terpisah Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Advokasi dan Penggerakan DPPKB Kabupaten Bombana Ns Nurpiarni, S.Kep, M.Kes menyampaikan Pelatihan Devinfo ini memanggil 1 orang Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan 1 orang Pengelola Data KKBPK dimasing-masing Kecamatan pada hari Selasa, 26/3/2019 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas DPPKB.

Ia juga menjelaskan, Hal ini sesuai amanat Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Masalah kependudukan penting dari sisi kualitas dan kuantitas, salah satu tugas bidang Pengendalian Penduduk, advokasi dan penggerakan adalah menyediakan data parameter dasar kependudukan.” tutupnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda