RAKER KESEHATAN DAERAH PROV. SULTRA, BOMBANA DAPAT PENGHARGAAN

RAKER KESEHATAN DAERAH PROV.  SULTRA, BOMBANA DAPAT PENGHARGAAN

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Dinkes) Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Prov. Sultra Tahun 2019 yang di laksanakan pada hari Jum’at tanggal 29/3/2019 bertempat di Hotel Zahra Syariah Kendari yang di buka oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, kegiatan ini di beri Tema Penguatan Kolaborasi antara  Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mewujudkan cakupan kesehatan semesta menuju Sultra sehat 2023.

Rakerkesda tersebut dihadiri langsung oleh menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek. Pada kesempatan ini, Lukman Abunawas menyampaikan "Tantangan yang dihadapi di bidang Kesehatan yaitu pelayanan Kesehatan Khususnya di Wilayah Kepulauan belum Maksimal karena keterbatasan  sarana dan prasarana yang ada, maka perlunya strategi khusus untuk menyelesaikan tantangan tersebut agar pelayanan kesehatan dapat terpenuhi secara merata. "Ungkapnya.

Senada dengan itu "Menteri Kesehatan RI mengatakan dalam sambutannya "yang di hadiri oleh Kepala Daerah dari 17 Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas Kesehatan se-Sultra, "tahun ini Pelayanan Kesehatan di Sultra banyak kemajuan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Nila Djuwita F Moeloek menjelaskan, Definisi WhO tentang cakupan kesehatan semesta yaitu bahwa semua anggota masyarakat mendapat pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitative dan paliatif yang berkuaitas dan efektif sesuai kebutuhan dan tidak boleh ada kendala biaya dalam pemanfaatan peayanan tersebut.

Lanjut Nila, "Dalam kesempatan ini menkes RI juga membahas 5 isu strategis nasional yaitu, Percepatan Penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian neonatal (AKN), Percepatan Penurunan Stunting, Pecepatan Eiminasi TB, Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi,  Peningkatan dan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM)."tuturnya

Pada Rakerkesda Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2019 juga di lakukan  penandatanganan Rencana Aksi Daerah (RAD)  Kab/Kota tentang 5 isu strategis bidang kesehatan menuju Sultra sehat 2023 oleh Bupati dan Walikota se-prov. Sultra di saksikan oleh Gubernur Sulawesi tenggara dan Pemberian penghargaan kepada Bupati/Walikota atas komitmen dan kerja keras selama kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR).

Sehingga berhasil mencapai cakupan lebih dari 95% (Buton, Buteng, Bombana, Kolaka, Konawe, Konsel, Konkep dan Kota Bau-Bau) dan Pada Kesempatan ini Bombana di wakili oleh Wakil Bupati Bombana Johan Salim,SP dalam penandatanganan RAD dan menerima Penghargaan capaian Imunisasi MR.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda