DEKRANAS BOMBANA PAMERKAN BATIK MOICO DI HUT SULTRA KE 55

DEKRANAS BOMBANA PAMERKAN BATIK MOICO DI HUT SULTRA KE 55

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Dekranasda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bombana, juga mengambil andil dalam perayaan HUT Sultra ke 55. Dimana Dekranasda Bombana memamerkan beberapa kerajinan khas Bombana pada pameran HUT Sultra, salah satu kerajinan khas Bombana yang di pamerkan adalah batik moico yang telah tembus pasar Nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Dekranasda Bombana Hj. Andi Nirwana Sebbu saat ditemui distand pameran HUT Sultra. Dimana dirinya menjelaskan bahwa dalam pameran HUT Sultra Dekranasda memerkan beberapa produk khas Bombana. " Jadi ada banyak kerajinan tangan, seperti tenunan khas Bombana, batik moico, anyaman. Juga makanan khas Bombana seperti dempo (pisang kering red), gula merah dari Kabaena, madu dan banyak lagi," paparnya.

Lanjut istri Bupati Bombana H. Tafdil itu menjelaskan beberapa macam tenunan khas Bombana yaitu Burisininta yang berarti tulisan bersambung, tenunan sele-sele yang artinya kotak-kotak dan Bosu-bosu yang berarti renda-renda. "Untuk tenunan khas Bombana adalah produk pertama Dekranasda Kabupaten Bombana. Allhamdulillah sudah mencapau pasar Nasional," kataya.

Ketua TP PKK Bombana itu juga mengatakan dalam pameran tersebut juga memamerkan batik moico yaitu batik buatan Bombana dengan corak khas Bombana. Dimana batik moico tersebut baru saya dilounching oleh Bupati Bombana H Tafdil pada HUT Bombana ke 15 Desember 2018 lalu. "Untuk batik moico ini allhamdulillah umurnya masih sangat baru tetapi pasarnya sudah sampe ke Nasional. Bahkan karena corak khas Bombana yang sangat indah banyak yang minati, bahkan beberapa selebritis Nasional juga membeli batik kami," tutupnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda