PERAN STRATEGIS BPBD DALAM MEWUJUDKAN PEMBENTUKAN SEKOLAH SIAGA BANJIR DI KAB. BOMBANA

PERAN STRATEGIS BPBD DALAM MEWUJUDKAN PEMBENTUKAN SEKOLAH SIAGA BANJIR DI KAB. BOMBANA

Rumbia, Kominfos)

Sumber : bpbd) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bombana melaksanakan kegiatan yakni Sosialisasi Pembentukan dan Pelatihan di Sekolah untuk usia dini dalam menangani siaga banjir.

Pelaksanaan Sosialisasi tersebut Pihak BPBD menggabungkan beberapa sekolah baik di tingkat SD, SMP dan SMA. termasuk dari unsur Masyarakat yakni tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan terlebih dari Masyarakat Rumbia dan Rumbia Tengah yang pemukimannya berada sekitaran sungai.

Dalam Kegiatan ini BPBD Kab. Bombana menghadirkan pula peserta yang jumlahnya kurang lebih dari 100 orang peserta. dimana pada Kegiatannya berlangsung selama satu (1) hari yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Rumbia. Jumat, 26/4/2019 yang di buka secara langsung oleh Kepala BPBD Kab Bombana. H. Andi Syarifuddin, SH., MPW. seluruh Pegawai dan Staf BPBD ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain Dari Siswa-siswi Sekolah dan Masyarakat, Acara sosialisasi ini dihadiri pula Oleh Pemateri dari Palang Merah Indonesia (PMI), TAGANA dan TRC BPBD Kab. Bombana itu sendiri.

Dalam Penjelasannya, Andi Syarifuddin Mengatakan, "Adapun tujuan pembentukan sekolah siaga banjir (SSB) secara umum adalah akan terbangunnya kesiapsiagaan Masyarakat terhadap potensi terjadinya bencana di Kab. Bombana.  SSB di desain agar warga dapat memahami tentang Manajemen bencana termasuk pengurangan resiko bencana. penanganan sebelum, saat dan setelah bencana terjadi. "katanya

Adapun tujuan khusus Sekolah Siaga Banjir (SSB) ini adalah menggugah kesadaran seluruh unsur baik secara indifidu maupun kolektif di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah agar memahami dan siap menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Syarat dari suatu sekolah untuk turut berpartisipasi menjadi SSB seperti komitmen dari Kepala Sekolah dan Komunitas sekolahnya. "ungkap Syarifuddin disela-sela pertemuan itu

Dan Kegiatan ini Tidak terlepas dari dukungan Dinas Pendidikan serta instansi terkait yg ada di sekitar wilayah tersebut agar apa yang kami harapankan semua, tentang SSB ini bisa menjadi bagian dari pembelajaran anak sekolah sejak dini. Dan kalau memungkinkan bisa dimasukkan dalam Korikulum di sekolah-sekolah yang ada di Kab. Bombana. Sehingga para peserta SSB ini bisa Mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan di Pelatihan ini setelah mereka kembali ke Sekolahnya masing-masing. "Jelasnya

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda