TINGKATKAN PELAYANAN, DPPKB BOMBANA BAKAL LUNCURKAN INOVASI “INTIP KONSEP”

TINGKATKAN PELAYANAN, DPPKB BOMBANA BAKAL LUNCURKAN INOVASI “INTIP KONSEP”

Rumbia, Kominfos

(Sumber : inikatasultra) Demi meningkatkan pelayanan, Dinas Pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPKB) kabupaten Bombana, Sulawesi tenggara (Sultra) bakal luncurkan Inovasi Terupdate Pelayanan Kontrasepsi (Intip-Konsep). Pelayanan yang berbasis Informasi Teknologi yang berupa suatu aplikasi sistim operasi Android ini yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam memperoleh pelayanan kontrasepsi dengan mudah.

“Selain itu juga, aplikasi ini dapat berikan manfaat bagi para petugas KB dilapangan dalam hal memperoleh informasi by name by adress dalam menindak lanjuti pelayanan kontrasepsi yang ada di sistim,” terang H. Abdul Azis Kadis DPPKB Kabupaten Bombana saat ditemui diruangannya, Senin (6/5/19).

Menurutnya, hal ini dilakukan karena, selama ini masih rendahnya pelayanan KB di Fasilitas kesehatan, serta masih kurangnya atensi masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan maupun petugas KB untuk memperoleh pelayanan kontrasepsi yang memadai. Kemudian juga masih kurangnya rentan kendali petugas lapangan KB dalam mengontrol jadwal pasang ulang kontrasepsi bagi peserta KB aktif dan masih belum updatenya data ekseptor by name by adress.

Adapun tujuan dari program tersebut yakni untuk jangka pendek meningkatnya cakupan pelayanan kontrasepsi untuk peserta KB baru di 3 kecamatan, juga meningkatnya presentase keberlangsungan pemakaian kontrasepsi yaitu peserta KB aktif di 3 kecamatan.

Jangka menengah, meningkatnya cakupan pelayanan kontrasepsi untuk peserta KB baru di 8 kecamatan di se Kabupaten Bombana, juga meningkatnya presentase keberlangsungan pemakaian kontrasepsi yaitu peserta KB aktif di 8 kecamatan se kabupaten Bombana.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, meningkatnya cakupan pelayanan kontrasepsi untuk peserta KB baru di tiap kecamatan di se Kabupaten Bombana tiap tahunya, meningkatnya presentase keberlangsungan pemakaian kontrasepsi yaitu peserta KB aktif di tiap kecamatan se kabupaten Bombana tiap tahunnya, juga meningkatkan kualitas pelayanan kontrasepsi di kabupaten Bombana.

“Jadi manfaat dari inovasi yang kami bakal hadirkan ini yakni memudahkan masyarakat untuk ikut KB, serta memudahkan PKB atau PLKB memantau akseptor,” pungkasnya. (**)

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda