PEMKAB BOMBANA BERSAMA TNI BUKA AKSES JALAN DESA LENGORA - BAEPAPA

PEMKAB BOMBANA BERSAMA TNI BUKA AKSES JALAN DESA LENGORA - BAEPAPA

Rumbia, Kominfos

(Sumber : Dinas PUPR) "Pemerintah Kabupaten Bombana kini tengah membuka akses jalan penghubung antara dusun Lantinea menuju Dusun Baepapa desa Lengora. Sulitya akses kendaraan di jalan penghubung antara dua dusun tersebut telah lama didambakan warga setempat demi percepatan roda ekonomi masyarakat.

Jalan tersebut dirintis melalui kerjasama antara Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang (PUPR) dengan Kodim/1413 sebagai wujud kerja bakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Dinas PU Bombana, Drs. Man Arfa, M. Si menyampaikan, bahwa akses jalan dari dusun Lantinea menuju Dusun Baepapa sangat sulit dan tak bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sehingga, pihaknya bersikeras memudahkan masyarakat dengan membuka akses jalan itu, dan ditargetkan selama.jangka waktu tiga bulan saja.

" Kami sudah mulai merintis jalan itu mulai tanggal 19 Juni kemarin bekerjasama dengan Kodim 1413/Buton. Jadi, kami targetkan perintisan jalan itu sampai 90 hari kelender. Artinya, semua akan  tuntas hingga Oktober 2019 nanti ," ungkap Man Arfa di Rumbia, Selasa (9/7/2019).

Man Arfa merinci target jarak maupun anggaran yang diserap dari perintisan jalan tersebut. Kata dia, jalan Lantinea-Baepapa menyerap anggaran sebanyak Rp. 650 juta yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2019 dengan jarak sepanjang 12 kilometer.

" Tahap perintisan pertama kami dilakukan dengan menggunakan 11 unit alat berat berupa  satu unit Bulldozer 100-150 HP, 1 unit Motor Grader 100 HP, 1 Unit Tandem Roller 6-8T, 1 Unit Vibrator Roller 5-8 T. Water Tamker 3000-450 liter. Kemudian,  satu unit Tronton dan 5 Unit mobil Dumping berkapasitas 5 Ton," jelasnya.

Sedangkan untuk personil pelaksana pembukaan titik nol ini, lanjutnya, menggunakan tenaga sebanyak lima Orang dari dinas PUPR dan 10 Orang tenaga dari masyarakat setempat. Sementara oknum TNI yang dilibatkan dalam perintisan jalan itu sebanyak 17 Orang.

"Intinya, perintisan jalan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan askes yang memudahkan dan melancarkan roda ekonomi pada kedua dusun tersebut," ujarnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda