DPPKB KABUPATEN BOMBANA GELAR PELAYANAN KB GRATIS

DPPKB KABUPATEN BOMBANA GELAR PELAYANAN KB GRATIS

Rumbia Kominfo.

(Sumber : DPPKB) DPPKB Bombana, Menggaungkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan berkualitas, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara dan TP-PKK Kabupaten Bombana menyelenggarakan pelayanan keluarga berencana (KB) secara gratis yang di pusatkan di Kecamatan Poleang Utara, Kamis 25/7/2019.

Hadir pada acara tersebut Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipimpin dr. Rifki Muslim, Kepala Dinas PP dan KB Drs. H. Abdul Azis, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Sunandar, MM., M.Kes dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bombana Ir. Hj. Andi Nur Alam, M.PW, Sekretaris Dewan, Drs. Alimuddin serta Ratusan Akseptor.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Drs. H. Abdul Azis, M.Si, menjelaskan “Melalui Pelayanan KB Gratis, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan melibatkan lintas sektor terkait seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, budaya dan sektor lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas” jelasnya.

Lanjutnya “Pelayanan KB gratis secara langsung mendukung target pencapaian yang telah ditetapkan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi untuk Kabupaten Bombana dan untuk mencapai target tersebut tentunya dukungan dan komitmen pemerintah setempat, serta partisipasi aktif masyarakat. Kita optimis target tahun ini dapat tercapai, karena sampai dengan Bulan Juni sudah mencapai sekitar 1.532 akseptor atau 31,39 persen dari target sebanyak 4.880” tutupnya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana, Ir. Hj. Andi Nur Alam, M.PW menyampaikan pihaknya menyambut baik serta mendukung kegiatan ini, karena dalam 10 Program Pokok PKK kegiatan ini masuk dalam perencanaan sehat yang bertujuan merencanakan keseimbangan, keserasian, keselarasan, antara pemasukan dan pengeluaran keluarga, mengatur kehidupan keluarga sesuai kemampuan masing–masing menuju terwujudnya keluarga berkualitas yaitu melalui Keluarga Berencana, reproduksi sehat, dan pendewasaan usia perkawinan. "Ungkapnya

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. H. Sunandar, MM., M.Kes, menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pelayanan kesehatan, bekerja sama dalam hal pelayanan secara gratis. Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya menurunkan tenaga kesehatan sebanyak 6 orang bidan serta dibantu beberapa tenaga lainnya,” terangnya.

Pelayanan dilaksanakan di Mobil MUYAN (Mobil Unit Pelayanan) dari BKKBN Provinsi dan Polindes Desa Tanah Poleang Kecamatan Poleang Utara, Pemasangan Alat Kontrasepsi KB Gratis ini berhasil melayani masyarakat sebanyak 84 orang, yang terdiri dari Pemasangan IUD 20 orang, Implant sebanyak 40 orang, Suntik 17 orang dan PIL sebanyak 7 orang.

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda