DINAS PERIKANAN, LAKUKAN PENINJAUAN DAN MONITORING LOKASI PEMBANGUNAN STRUKTUR HYBRID

DINAS PERIKANAN, LAKUKAN PENINJAUAN DAN MONITORING  LOKASI  PEMBANGUNAN STRUKTUR HYBRID

Rumbia Kominfo - Lokasi pelaksanaan pembangunan Struktur hybrid di Desa Watumentade Kec. Rarowatu Utara dengan panjang 1,1 km pada tahun 2019 dari 5 km pantai yang teridentifikasi mengalami abrasi.

dimana Pemilihan Struktur Hybrid didasarkan pada kondisi struktur substrat yang ada di pesisir Bombana, yang merupakan lumpur sehingga pemilihan strukur hybrid sangat cocok sebagai perangkap sedimen untuk mengembalikan pantai lumpur yang terabrasi.

Proyek yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Bombana melalui  PT. KADITA BERSERI (selaku Pelaksana Teknis), CV. Teknik Cipta Parisuda (selaku Konsultan Pengawas) pada hari sabtu kemarin melakukan  peninjauam dan monitoring guna mengetahui sejauh mana pembangunan tersebut sudah dilaksanakan.

PT . KADITA BERSERI Sudah mulai melakukan pelindung pantai dengan menggunakan bahan –bahan lokal seperti bambu dan ranting kayu yang dirancang  permeable secara perlahan tapi pasti, agar mengembalikan tanah yang abrasi.

Rekayasa hybrid menggabungkan struktur permeable ( pemecah gelombang sekaligus penangkap sedimen pasir ) dan penanaman mangrove . setelah proses erosi berhenti dan pantai mulai pulih akan dilanjutkan dengan restorasi Mangrove.

Dengan Kesempatan kunjungan monitoring dan evaluasi ini Kepala Dinas Perikanan Kabupatetn Bombana "SARIF, SH" Mengatakan, Struktur hybrid yang dibagun mempunyai ketahanan sampai dengan 2 tahun sehingga diperlukan perawatan dan penggantian ranting kayu.

Sarif menambahkan, "Dimana Pemilihan Struktur Hybrid didasarkan pada kondisi struktur substrat sehingga diharapkan keterlibatan masyarakat, instansi daerah terkait untuk berpartisipasi dalam menjaga dan memanfaatkan hasil struktur hybrid yang mana pada hari ini lokasi pembangunannya kita kunjungi."tutup Sarif

Sumber : Dinas Perikanan

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda