UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAH, DISHUB BOMBANA LUNCURKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID

UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAH, DISHUB BOMBANA LUNCURKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID

 

Rumbia Kominfo - Pemanfaatan teknologi informasi komunikasi dalam tata kelola pemerintahan dapat meningkatkan efisiensi, evektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Hal tersebut menjadi acuan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Syahrun dalam membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi absensi berbasis android dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai dan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhubungan.

 

Terobosan Kadis yang terkenal ramah ini, termaktub dalam Peraturan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Implementasi Pengawasan Pegawai Online Berbasis Android Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana.

 

Syahrun menuturkan bahwa kesulitan mengontrol kehadiran pegawai yang selama ini terjadi dapat diatasi dengan sempurna menggunaan teknologi berbasis android yang diberi nama "Cek and Ricek.

 

"Selama ini saya mengalami kesulitan mengontrol pegawai di lapangan, apakah mereka melaksanakan tugas atau tidak, apalagi PNS terkait dengan penerimaan TPP, beberapa kali pengawasan hanya PHTT yang ada, padahal semua pos PAD ada koordinator dari PNS", tutur Syahrun, Kamis (29/8/2019).

 

"Dengan menggunakan aplikasi android yang saya beri nama cek and ricek ini, absensi dilakukan berbasis titik kordinat tempat tugas serta wajah pegawai dan saya bisa lacak sendiri seluruh pegawai saya yang bertugas dan yang tidak dalam satu detik."

 

Penerapan aplikasi "Absensi" ini ternyata tidak saja ampuh dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam lingkup Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana, tetapi juga mampu menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perhubungan secara signifikan.

 

"Pengaruhnya terhadap PAD cukup signifikan, bulan lalu kita hanya dapat 30 juta per bulan, setelah menggunakan aplikasi Cek and Ricek, bulan ini kita dapat PAD 40 juta lebih, efeknya besar karena saya bisa tau siapa yang melaksanakan tugas dengan baik dan siapa yang tidak", Jelas Kadis Perhubungan yang juga sebagai Plt. Kadis PU-PR Bombana

 

Sumber : Dishub Bombana

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda