UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA, DINAS PMD GELAR BIMTEK SIA-BUMDES

UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA, DINAS PMD GELAR BIMTEK SIA-BUMDES

Rumbia Kominfo - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Bombana melaksanakan Bimbingan Teknis tentang Sistim Informasi Akuntansi dan Badan Usaha Milik Desa (SIA - BUMDES).

 

Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini mulai tanggal 24 s/d tanggal 26 September 2019, yang  dilaksanakan di Aula Rapat Dinas PMD, pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri sejumlah 3 (tiga) Desa yaitu Desa Tunas Baru, Desa Lantawonua dan Desa Marga jaya, beserta 5 (Lima) orang perwakilan dari BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara. Yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam hal ini, Drs. Hasdin Ratta, M.Si.

 

Dalam kesempatan tersebut Kadis PMD mengatakan, "Daerah Kab. Bombana sangat terbuka untuk diberikan kesempatan untuk mengikuti Bimtek BUMDES. Karena hal ini sangat efektif untuk mendukung ekonomi Masyarakat Desa. Dengan demikian masyarakat desa dituntut harus dapat bekerja secara kreatif untuk mengolah potensi yang ada."kata Drs. Hasdin pada saat memberi sambutan, selasa (24/9/19)

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa, jenis usaha BUMDES tidak hanya terbatas pada mencari keuntungan internal saja, akan tetapi harus bisa membawa dampak yang nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat desa itu sendiri. "Bumdes harus bisa mengadakan kerjasama dengan masyarakat dalam mengembangkan usahanya."tegasnya

 

Tujuan dari pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA- Bumdes) adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana sistem dalam pengelolaan keuangan di Desa, baik dalam penatausahaan, maupun dalam tahapan pelaporan suatu desa. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa itu sendiri."unkapnya

 

Dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, terdapat langkah-langkah dan cara pengelolaannya, yang mana tata caranya dipandu oleh pemateri, yang dimulai dari tahap awal, agar peserta dapat memudahkan dalam mengikuti kegiatan ini dengan cara praktek langsung.

 

Kadis yang terbilang Ramah itu Menambahkan, "pengelolaan keuangan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pengaturan data awal, tahap penata usahaan dan tahap pelaporan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan peserta dalam mempelajari materi yang diberikan."

 

"Olehnya itu, dimasa yang akan datang agar lebih banyak lagi desa yang memiliki Bumdes, sehingga setiap desa diharapkan mempersiapkan diri untuk mendirikan Badan Usaha Milik desa karena desa- desa yang sudah mendirikan Bumdes dan menerapkan manajemen yang profesional, terbukti telah mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa itu sendiri. "tutup Kadis Pemdes

 

Sumber : Dinas PMD

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda