GELAR RAPAT EVALUASI, 12 KEPALA PERANGKAT DAERAH KOMITMEN DALAM PERCEPATAN MEMBANGUN DESA DI BOMBANA

GELAR RAPAT EVALUASI, 12 KEPALA PERANGKAT DAERAH KOMITMEN DALAM PERCEPATAN MEMBANGUN DESA DI BOMBANA

Rumbia Kominfo - Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang desa dengan dukungan desa dan pendamping desa. Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bombana dalam mengentaskan status daerah tertinggal dan sangat tertinggal maka dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa melaksanakan rapat Rencana aksi pembangunan desa menuju desa berkembang tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Drs. Hasdin Ratta, M.Si Menuturkan, bahwa tujuan dari Indeks desa membangun adalah upaya pemerintah mengentaskan desa tertinggal dan meningkatkan desa mandiri serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa itu. Namun secara khusus, Indeks Desa Membangun sebagai basis data dalam merumuskan isu-isu strategis serta berguna untuk mengatasi masalah utama desa terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.”terang Kadis PMD saat kegiatan berlangsung di Ruang Rapat PMd, Rabu, 6/11/2019 pagi tadi

Drs, Hasdin Ratta mengaku, Bahwa Pada perencanaan pembangunan desa tahun 2020 ini, Pemerintah desa tidak lagi mengalami kesulitan dalam menyusun arah pembangunan desanya masing-masing, karena data klasifikasi, status indeks desa membangun sudah ada.

“Pemerintah desa hanya tinggal menganalisa bagian indeks komposit mana mereka lemah dan indeks komposit lemah tersebut harus menjadi konsentrasi pemerintah desa dalam menyusun dan membuat program strategis desa.”ungkapnya

Kata kadis  secara indikator bahwa desa ini adalah gambaran kita di kab. Bombana, hasil survey dan simulasi yang paling berpengaruh adalah indikator bencana dana tanggap bencana akan tetapi tidak terlepas dari indeks ketahanan sosial yaitu Poskamling, sarana kesehatan, sarana air bersih dan akses informasi dan Kominfo, dan nantinya kepada semua OPD yang terkait akan dibagikan masing-masing hasil penilaian survey dari masing-masing desa, “ujarnya.

Dalam Pelaksanakan Rapat Rencana aksi pembangunan desa menuju desa berkembang tahun 2020 kali ini, di ikuti 12 Kepala OPD dan 6 orang Tenaga Ahli P3MD yang bertempat diRuang rapat Dinas PMD, Rabu/6 November 2019.

Sumber : Dinas PMD

Editor : Adi

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda