DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOMBANA GELAR SOSIALISASI PEMBUDAYAAN KEGEMARAN MEMBACA

DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOMBANA GELAR  SOSIALISASI PEMBUDAYAAN KEGEMARAN MEMBACA

Rumbia, Kominfo

(Sumber : Dinas Perpustakaan) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Perpustakaan mengadakan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan tema “Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas 2024 ”, di Auditorium kantor bupati bombana, Selasa (07/11/2019).

Kegiatan ini diikuti ratusan ratusan peserta yang berasal dari tenaga pengelola perpustakaan sekolah, pemerhati perpustakaan, penggiat literasi, karang taruna, Penggerak PKK.

Selain itu, hadir pula Wakil bupati Bombana JOHAN SALIM SP, Plt Setda kabupaten bombana Drs. MAN ARFA M.Si, perwakilan OPD, serta dua narasumber yaitu Pustakawan ahli madya RUDI HERNANDA, S.Sn dan HERI HENDRAYANA HARIS (Gola Gong ) penggiat literasi

Sebelum dibuka langsung oleh wakil bupati Bombana Johan Salim  S.P. terlebih dahulu dimeriahkan dengan penampilan tari penyambutan atau selamat datang khas kabupaten Bombana oleh siswi SDN 08 kasipute sebagai simbol untuk mempererat tali persaudaraan dan penghormatan terhadap tamu.

Dalam sambutannya, Wakil bupati bombana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional karena memilih Kabupaten Bombana dalam upaya membangun gerakan literasi

penyelenggaraan sosialisasi pembudayaan gemar membaca merupakan salah satu bentuk  kegiatan yang sejalan dengan visi misi kabupaten Bombana dalam  mewujudkan Bombana cerdas.

Untuk itu, ia menekankan sosialisasi ini akan membawa energi positif bagi warga Kabupaten Bombana agar tidak lagi melalaikan atau mengabaikan program gemar membaca, sebab membaca merupakan jendela dunia dan membaca sebagai kuncinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan kabupaten Bombana memaparkan empat tujuan sosialisasi ini, yaitu pertama memasyarakatkan dan mempromosikan perpustakaan, kedua memotivasi masyarakat untuk membiasakan membaca buku atau media informasi lainnya.

Ketiga, meningkatkan kesadaran keluarga maupun masyarakat mengenai peran dan tanggung jawab dalam mengarahkan minat membaca. “Keempat, menggalakkan gerakan baca nasional melalui pemberdayaan berbasis inklusi sosial baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat,” lanjutnya.

Pembukaan sosialisasi ini diakhiri penyerahan plakat dan souvenir kepada perwakilan Perpustakaan Nasional RI oleh wakil bupati bombana,

Di tempat yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional melalui kepala pusat pengembangan koleksi dan pengolahan bahan pustaka,Drs UPRIYADI, S.S. M.Hum memaparkan bahwa sosialisasi tersebut sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran strategis perpustakaan sebagai penyedia bahan bacaan, peningkatan kegemaran membaca masyarakat melalui keluarga dan komunitas sebagai bentuk perwujudan membangun manusia Indonesia menuju kesejahteraan masyarakat.

“Perpustakaan mempunyai peran dalam mengembangkan potensi masyarakat pada penguatan mentalitas budaya yang sejalan dengan agenda revolusi mental yaitu mewujudkan masyarakat yang berbudaya baca,” ujar

Tak lupa, lanjutnya, pihaknya mendorong seluruh elemen masyarakat membentuk kerja sama melalui usaha-usaha untuk mendapatkan perlakuan yang setara dan memperoleh kesempatan yang sama dalam pemenuhan informasi kebutuhan hidupnya.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada bapak wakil bupati bombana beserta jajarannya yang telah berhasil membangun layanan perpustakaan dan kegemaran membaca masyarakatnya melalui kegiatan dan program yang tentu memiliki partisipasi aktif masyarakat untuk kesejahteraan dirinya,” pungkasnya.

Selain itu,  juga menyampaikan bahwa Perpustakaan Nasional mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan program nasional yakni gerakan nasional gemar membaca melalui dukungan duta baca daerah yang juga akan diprogramkan secara nasional sebagai usaha peningkatan budaya baca.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda