MENUJU GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL, DINKES BOMBANA GELAR “GERMAS” DI HARI KESEHATAN NASIONAL

MENUJU GENERASI SEHAT INDONESIA UNGGUL, DINKES BOMBANA GELAR “GERMAS” DI HARI KESEHATAN NASIONAL

Rumbia Kominfo.

(Sumber : Dinas Kesehatan) - Hari Kesehatan Nasional (HKN) berlangsung pada tanggal 12 November setiap tahunnya. HKN Tahun 2019 ini adalah HKN yang ke-55 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Kegiatan HKN di Kabupaten Bombana tahun ini di laksanakan di Lapangan Desa Toburi Kec. Poleang Utara pada hari Selasa, 12 November 2019.

Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana dr.H.Sunandar, MM.Kes Menjelaskan “Momentum Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini sebagai pengingat untuk kita semua bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.”jelasnya

dr.H.Sunandar,MM.Kes, menegaskan “Strategi Pembangunan Kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor.

Dengan beragam tantangan dan rintangan yang dihadapi dan berusaha menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Sehat menjadi hal yang sangat penting sekali bagi kita Karena kalau tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi produktif," ungkap Kepala Dinkes kab. Bombana

Kepala Dinkes menambahkan dalam sambutannya “kegiatan GERMAS meliputi banyak hal terkait kesehatan fisik yaitu melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari, pangan sehat dan perbaikan gizi melalui makan makanan yang bergizi, peningkatan kualitas lingkungan serta edukasi, juga peningkatan pecegahan dan deteksi dini penyakit, terutama penyakit tidak menular dengan melakukan mengecek kesehatan secara berkala setiap 6 bulan sekali juga diperlukan, Fungsinya untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya” ujarnya.

Masyarakat Poleang Utara ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan dan masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Adapu kegiatan yang dilakukan pada HKN tahun ini yaitu :

1.       Senam Bersama

2.       Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM)

3.       Pemeriksaan Tekanan Darah

4.       Pemeriksaan Gula Darah

5.       Pengobatan PTM

6.       Pemasangan KB

7.       Pemberian Door Prize dan Bazaar

Editor : Adi

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda