BUPATI BOMBANA SERAHKAN JAMINAN KECELAKAN DAN KEMATIAN, SAAT FORUM KOMUNIKASI JAMSOSTEK DI GELAR

BUPATI BOMBANA SERAHKAN JAMINAN KECELAKAN DAN KEMATIAN, SAAT FORUM KOMUNIKASI JAMSOSTEK DI GELAR

Rumbia, Kominfo - Bupati Bombana didampingi Kepala BPJS Konsel dan Kepala BPJS Kab. Bombana serta Kasi PHI Distransnaker membuka forum komunikasi Jamsostek Kabupaten Bombana yang dirangkaikan dengan Penyerahan santunan kepada keluarga peserta BPJS ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bombana, Selasa, 26/11/2019.

Kasi PHI Distransnaker Kab. Bombana Ahmad Maidy, S.Sos mewakili Kadis Transnaker menjelaskan, “bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi program Gembira Kerja, yaitu pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dan pegawai non PNS di Kab. Bombana, serta rencana penambahan jumlah kepesertaan Jamsostek bagi perangkat desa, Guru Honorer dan PNS di Kab. Bombana.”ungkapnya

Di satu sisi, Bupati Bombana H. Tafdil, mengatakan bahwa program pemberian jaminan sosial ini sudah tepat sasaran, dan harus ditingkatkan jumlah kepesertaannya.

“Saat ini kepesertaan Jamsostek di Kab. Bombana sekitar 10.500 dan insya Allah di Tahun 2020 bisa ditingkatkan menjadi lebih dari 15.000 orang. Penambahan ini dikhususkan bagi perangkat desa sekitar 2.400 orang dan PNS sejumlah lebih dari 2.600 Orang.”ucap Bupati saat menyampaikan penjelasan di Rumah Jabatannya dua hari lalu, (26/11)

Lebih lanjut H.Tafdil menjelaskan bahwa besarnya manfaat jaminan sosial ini sudah dirasakan oleh masyarakat Bombana dengan jumlah klaim dari kepesertaan BPU sekitar 20 klaim santunan dengan total lebih dari setengah milyar rupiah, belum lagi dari kepesertaan penerima upah, ujar sang Bupati.

Namun  rencana penambahan ini masih perlu pengkajian dan sosialisasi lebih lanjut agar tidak ada kendala dan sesuai prosedur hukum yang berlaku agar dikemudian hari tidak ada masalah yang timbul,”katanya

Sementara itu Kepala BPJS ketenagakerjaan area Konsel dan Bombana Antawirya menyambut baik rencana Pemkab Bombana tentang penambahan kepesertaan Jamsostek yang digagas oleh H.Tafdil selaku Bupati Bombana. Beliau memuji H.Tafdi sebagai kepala daerah yang peduli terhadap bawahan dan rakyatnya, dan hal ini dibuktikan dengan gebrakan dalam program Gembira Kerja.

“inilah daerah Kabupaten pertama yang memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan dan pegawai non PNS di Kab. Bombana.”ucap Kepala BPJS Konsel Antawirya”

Pemberian santunan kepada peserta yang dijaminkan oleh Pemkab Bombana “kata Antawirya, sudah terealisasi 100% dari 19 klaim yang masuk ke BPJS Ketenagakerjaan, dan sangat berharap rencana penambahan kepesertaan segera terealisasi

Diakhir kegiatan Bupati Bombana H.Tafdil menyempatkan diri menyerahkan santunan kepada keluarga peserta BPJS ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah atas nama Munsir asal Desa Lampeantani Kec. Rarowatu sebesar 67 juta rupiah atas klaim jaminan kecelakaan kerja yang menyebabkan kematian (JKK-JKM) dan atas nama Anton asal Desa Rarowatu sebesar 24 juta rupiah atas klaim jaminan kematian (JKK).

Dimana pada kegiatan ini, Turut hadir Pejabat Sekretaris Daerah dan beberapa pejabat eselon 2 dan 3 lingkup Pemkab Bombana, diantaranya Staf Ahli Bupati, Kadis Dinkes, Kadis PTSP, Kadis Infokom, Kepala BKD, Kadis Dikbud dan beberapa pejabat eselon 3 diantaranya Direktur Rumah Sakit, Kabag Hukum, dan perwakilan dari Dinas PMD.

Sumber : Dinas Trans Naker

Editor : Adi

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda