Perangkat Dinas Pemkab Bombana dituntut Tertib Olah Arsip Daerah

Perangkat Dinas Pemkab Bombana dituntut Tertib Olah Arsip Daerah

Rumbia Kominfo. (Sumber : Harapansultra.com) - Guna meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat pemerintahan daerah kabupaten Bombana mengikuti sosialisasi dan pelatihan pengelolaan Arsip Daerah yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Daerah pada Rabu (27/11/2019).

Kemampuan mengelola Naskah dan Arsip merupakan harapan besar agar aset-aset daerah mudah dipertanggung jawabkan dalam upaya pertanggung jawaban anggaran pembangunan.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah saat dikonformasi oleh beberapa jurnalis, Akhmad Tona menuturkan pengeloan arsip urusan wajib yang harus dilaksanakan setiap OPD.

“Dalam pasal 41 ayat 4 PP 43 tahun 2009 tentang arsip, wajib melakukan pengelolaan arsip dinamis dari pada naskah sistim klasifikasi arsip,” katanya.

Dijelaskannya, pengelolan arsip dengan baik adalah suatu hal yang mutlak harus dilakukan pegawai ditingkat OPD kecamatan hingga pada tingkat Pemerintah Desa.

Pihaknya juga sangat menekankan pada Pemerintah Desa mengelolah arsip dengan baik merupakan keharusan tanpa tawar-menawar. Apalagi katanya, desa menggunakan dana yang besar, sehingga kearsipan harus benar dan tepat.

“Misalnya membangun deuker atau membeli lemari kantor, yang kita mau lihat adalah prosesnya, karena itulah arsip harus di simpan dengan baik,” Contohnya.

Senada dengan itu, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) yang tiada lain adalah mantan pegawai Arsip Nasional, Man Arfa menekankan kepada pegawai yang bertanggung jawab mengurusi Arsip dan Naskah Institusi daerah hingga negara, kata dia adalah pekerjaan yang paling mulia. Sebab, dengan keakhlian mengelola Arsip hingga pada masa pertanggung jawaban dihadapan tim Verifikasi dan pemeriksa penggunaan anggaran serta pengelolaan Aset bisa bebaskan dari jeratan hukum.

“Jadi pengurus Arsip itu adalah pekerjaan mulia, apalagi kalau ada pemeriksaan aset dan penggunaan anggaran bisa menepis kesempatan adanya temuan pelanggaran atas penggunaan anggaran”, ungkapnya.

Laporan : Hir

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda