Raih Sederet Penghargaan Bukti Kesuksesan H Tafdil Pimpin Bombana Dua Priode

Raih Sederet Penghargaan Bukti Kesuksesan H Tafdil Pimpin Bombana Dua Priode

Rumbia Kominfo,

(Sumber : Sultrapost.ID) – Selama tujuh tahun memimpin Bombana, H Tafdil mampu menoreh sejumlah catatan penting bagi perjalanan pemerintahan dari tahun ketahun. Sederet penghargaan Nasional baik itu dari Presiden RI hingga beberapa penghargaan dari Kememterian ataupun Organisasi tingkat Nasional yang berhasil diraih, merupakan bukti kesuksesan dirinya selama dua priode memimpin Bombana.

Sepanjang tahun 2012 hingga 2019, tercatat ada 29 penghargaan yang berhasil disabet Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, yang menjadikan bumi munaja menjadi daerah yang bertabur sejumlah prestasi.

Tahun 2012 lalu, Pemkab Bombana berhasil meraih dua penghargaan dari Presiden RI atas produksi beras diatas 5 persen dan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI karena menjadi daerah yang tercepat menyelesaikan target perekaman e-KTP. Tak berheti sampai disitu, di tahun 2013 diusianya yang terbilang masih belia, Bombana mampu meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap asset dan keuangan tahun anggaran 2012 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Bagi Tafdil, peredikat Opini WDP yang diraihnya menjadi sebuah landasan awal untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengelolaan keuangan Pemkab yang lebih baik. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil, tahun 2014 ia diganjar penghargaan dari Kementerian Keuangan RI berkat keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2013 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Penghargaan yang diraihnya tahun 2014 itu pun tak lantas membuat Bupati Bombana puas akan capaiannya, ia justru semakin meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Tahun 2015, BPK RI kembali memberi penghargaan kepada Tafdil atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2014 dan juga penghargaan yang sama dari Kementerian Keuangan berkat keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2014.

Prestasi Pemkab Bombana dalam mengelola keuangan di dua tahun itu terus dipertahankan, hingga di tahun 2016 berdasarkan hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2015 Pemkab Bombana kembali mendapat penghargaan dari BPK RI. Bukan hanya itu, Pemkab juga mengukir dua prestasi sekaligus, yang membuat Bupati mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI berupa penghargaan Eliminasi Filariasis dan penghargaan atas prestasi yang menenjol serta kepemimpinannya dalam menggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Kemudian di tahun 2017, Pemkab Bombana lagi-lagi mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah serta penghargaan ats peningkatan kinerja dalam wilayah Kabupaten Bombana tahun 2016 sampai 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sederet penghargaan yang diraih Pemkab Bombana di bawah nahkoda H Tafdil, hanyalah sebagian kecil dari prestasi yang di torehnya selama kurun waktu enam tahun. Puncak prestasi itu semakin nampak di tahun 2018 sampai 2019.

Di tahun 2018, Pemkab Bombana berhasil menyabet enam penghargaan sekaligus, mulai dari predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan aset dan keuangan dari Menteri Keuangan, penghargaan terintegrasinya jaminan kesehatan nasional dan kartu indonesia sehat (JKN-KIS), penghargaan pramesti atas keberhasilan dalam mengimplementasikan kawasan bebas rokok dan sertifikasi eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan, penghargaan dari Direktur Utama BPJS Kesehatan karena mendukung tercapainya UHC program JKN-KIS lebih awal di tahun 2018 serta penghargaan pasar tertib ukur dari Menteri Perdagangan.

Sedangkan ditahun ini, H Tafdil berhasil membawa bombana meraih 12 penghargaan yakni Opini WTP terhadap pengelolaan aset dan keuangan dari BPK RI, penghargaan dan satya lencana pembangunan bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga berencana (KKBPK) dari Presiden RI. Kemudian penghargaan anugerah pendidikan Indonesia (API) dari Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) pusat, penghargaan atas upaya keikutsertaan tenaga kerja sebagai peserta BPJS dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan RI, penghargaan terbaik ketiga pengelolaan JDIH se Sultra, penghargaan atas dukungan pelaksanaan program inovasi desa tahun 2017hingga 2019dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Penghargaan predikat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan public dari Ketua Ombudsman RI, penghargaan instansi yang menggunakan CAT BKN dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 dari kepla BKN RI, penghargaan kota peduli Ham dari Kementerian Hukum dan HAM dan penghargaan terpenuhinya tiga kriteria yaitu, mendukung program swasembada gula melalui pengembangan tebu nasional, pengembangan komuditi melalui tanaman pala, kelapa dalam dan cacau melalui APBD, pembangunan taman teknologi prtanian (TPP) dari Kementerian Pertanian serta penghargaan berkat komitmen atas kerja keras selama kampanye imunisasi MR fase II dan berhasil mencapai cakupan kurang lebih 95 persen.

Berbagai penghargaan tersebut merupakan sebuah prestasi dan kesuksesan H Tafdil dalam memimpin Kabupaten Bombana sampai hari ini. Konsistensinya dalam meningkatkan kinerja dan mengembangkan pembangunan melalui berbagai sector tentunya akan menjadi suplemen bagi jajaran Pemkab Bombana agar selalu bekerja keras dan tekun dalam mencapai tujuannya yaitu Bombana Sejahtera 2022.

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda