Dinkes libatkan PKK Kecamatan se Kab. Bombana, Cegah Stunting

Dinkes libatkan PKK Kecamatan se Kab. Bombana, Cegah Stunting

Rumbia Kominfo - Kegiatan peningkatan kapasitas petugas kesehatan dan lintas sektor dalam program penurunan Stunting tingkat Kabupaten Bombana Tahun  2020 saat ini tengah diadakan di Aula Tanduale Kab. Bombana Kamis 16 Januari 2020.  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Bombana, H. Tafdil, SE, MM.

Menurut Bupati Bombana, Pelibatan Tim Penggerak PKK dalam pencegahan Stunting ini karena PKK berada dekat dengan masyarakat sehingga lebih mudah memviralkan upaya upaya pencegahan dan penurunan Stunting.”hal ini diungkapkan Bupati Tafdil saat member sambutan, Kamis, 16/1/2020 di Auditorium Tanduale Bombana

Dalam sambutanya Bupati Bombana juga menyebutkan data Stunting secara nasional mencapai 30 persen dari HPK sedangkan di Kab. Bombana hanya  3 persen sekitar kurang lebih 600 kasus dari 1000 Hari Pertama kelahiran (HPK). Namun bukan berarti kita terlena dengan situasi ini.”katanya.

“Saya berharap Bombana bisa terlepas dari Stunting, ungkapnya dengan penuh harap.

Telebih lagi pemateri peningkatan kapasitas kali ini akan dilaksanakan selama 2 hari tanggal 16 s.d 17 Januari 2020 dengan menghadirkan pakar gizi dari UNHAS yakni Prof. doktor Suryani As'ad Armin, M.Sc Spesialis gizi klinik konsultan bersama tim dokter lainnya.

Bupati Tafdil menjelaskan, “Stunting adalah gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama. Stunting  adalah persoalan nasional. Sehingga kita wajib bersama-sama mengatasinya.

“Sekali lagi saya sampaikan kasus yang 3 persen ini harapannya bisa kita tuntaskan bersama-sama,”tutup Bupati dalam sambutanya.

Pembukaan peningkatan kapasitas  ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua I DPRD Kab. Bombana dan Forkopimda. Dan berbagai Peserta yang hadir berjumlah 104 orang  yang berasal dari unsur petugas kesehatan dan lintas sektoral.

Ketua panitia Hj. Sunandar dalam laporannya juga telah menyampaikan bahwa di akhir penguatan kapasita kali ini akan bersama sama membuat komitmen lintas sektoral dalam upaya penurunan Stunting.

Sumber : Kec. Rumbia

Editor : Tim Kominfo

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda