Dinsos Gelar Sosialisasi tentang Verifikasi dan Validasi KK Miskin, Pj. Sekda Bombana Utamakan Masyarakat Kurang Mampu

Dinsos Gelar Sosialisasi tentang Verifikasi dan Validasi KK Miskin, Pj. Sekda Bombana Utamakan Masyarakat Kurang Mampu

(Sumber : Dinas Sosial)

Kominfo Bombana - Dinas Sosial Kabupaten Bombana menyelenggarakan sosialisasi verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Program Sembako Tahun 2020. yang  bertempat di AudiTorium  Tandroale Setda Bombana. Rabu, 12 Februari 2020.

Sehubungan dengan kegiatan Sosialisasi ini, ada beberapa Penyampaian materi yang disampaikan dan sistimnya dibagi  dalam dua kelompok. Materi untuk kelompok pertama disampaikan oleh Pemateri dari Dinsos Prov Sultra,  Haristanto, S. ST.,M.Si Materi ke dua disampaikan ole Kabid Fakir Miskin Dinsos Kab. Bombana Andi Srilaela, S.Hut

menyelenggarakan sosialisasi verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Program Sembako Tahun 2020, Pj.  Sekda Kab. Bombana mengatakan, berikutnya "Tidak ada  lagi orang miskin yang  tidak  terdaftar dalam KK miskin dan sebaliknya "Tidak ada  lagi orang kaya yang terdaftar dalam KK miskin.

“Saya harap kepada Kadis Dinas Sosial, agar betul-betul melakukan Verifikasi dan Validasi data yang akurat, sehingga data yang masuk dalam data Base tidak terjadi tumpang tindi,”ungkapnya.

Dengan adanya sosialisasi tersebut “kata Pj. Serkda H. Beangga, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari peserta dan terbentuk integrasi antara Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Jadis sekali lagi saya himbau, utamakan Masyarakat yang tidak mampu atau yang Fakir Miskin,”tegasnya.

Hal sama diungkapkan Kabid Fakir Miskin Dinsos Kab. Bombana Andi Srilaela, terkait tentang masalah fakir miskin, srilaela mengatakan, yang dikategorikan Fakir Miskin ini adalah Masyarakat yang mempunyai mata pencaharian tapi tidak memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya atau keluarganya.

“artinya, Masyarakat tersebut dalam kebutuhan sehari-harinya terkadang tidak mencukupi, kadang ada kadang juga tidak ada. “jadi masyarakat seperti inilah yang layak diberi bantuan dan masuk dalam data KK Miskin.”jelas Srilaela

Sehubungan dengan itu, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dihadiri  oleh Pj. Sekda bombana H. Beangga Harianto, Kepala BPS Kab. Bombana, KanSILOG kab. Bombana, Camat se Kab. Bombana, Tim TKSK se Kab. Bombana, dan Korkap PKH Kab. Bombana.

Penulis : Andi Akbar

 

 

 

 

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda