Gelar Rakoor P3MD, Pemkcam Poleang Timur Gandeng Dinas PMD

Gelar Rakoor P3MD, Pemkcam Poleang Timur Gandeng Dinas PMD

Kominfo, Poleang Timur - Minimnya kemampuan sumberdaya manusia yang ada di desa membuat Rencana Kerja Penyusunan Pemerintahan Desa (RKPDES) terkesan lambat

Agar tidak berlarut-larut pemerintah kecamatan Poleang timur meminta para pendamping desa untuk dapat mendorong dan memfasilitasi kepala desa agar dapat Mempercepat Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDES)

Hal itu di sampaikan camat Poleang timur Rustam saat menggelar rapat koordinasi Program Pembangungan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bersama 60 peserta yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Poleang Timur, Selasa, 10/3/2020 empat hati lalu

Pada sambutannya Rustam mengatakan sampai pada saat ini masih banyak terdapat Desa yang belum Menyelesaikan Dokumen RKPDES dan APBDESnya

Padahal, lanjut Rustam Dokumen itu sangatlah penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan pemerintah desa menuju masyarakat maju, mandiri dan sejahtera
"Saya ingin para pendamping desa se kabupaten Bombana ini dapat terlibat mendorong dan memfasilitasi pemerintah desa dalam penyusunan RKPDS,"ungkapnya

Sementara itu kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Hasdin Ratta yang juga mengikuti acara tersebut, pada kesempatannya menyampaikan selain membahas penyusunan Rkpdes, mantan asisten III itu, juga mensosialisasikan tentang Peraturan Bupati Bombana Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang /Jasa di Desa.

Tujuannya untuk menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa dalam melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa yang dibiayai dengan dana melalui APBDes.

"Jadi, Pengadaan Barang/Jasa di Desa dilakukan sesuai dengan tata kelola yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip Pengadaan Barang/Jasa,"ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Pengadaan merupakan pelaksanaan Kewenangan Desa yang kegiatan dan anggarannya bersumber dari APB Desa.
Dimana Pengadaan mengutamakan peran serta masyarakat melalui Swakelola dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada di Desa. 

Katanya lagi, gotong royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat, ini bertujuan memperluas kesempatan kerja dan pemberdayaan masyarakat setempat.

"Jika Dalam hal Pengadaan tidak dapat dilakukan secara Swakelola maka, Pengadaan dapat dilakukan melalui Penyedia baik sebagian maupun seluruhnya, " tambahnya.

Penulis : Agusalim
Editor : Tim Kominfo

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda