Lurah Doule Sediakan Tempat Cuci Tangan di Pusat-Pusat Keramaian

Lurah Doule Sediakan Tempat Cuci Tangan di Pusat-Pusat Keramaian

Penulis : Nursia Sinaga

Editor : Tim Kominfo

Kominfo, Rumbia - Sebanyak 13 unit tempat cuci tangan berikut sabunnya telah disiapkan Lurah Doule di beberapa pusat keramaian sejak siang kemarin minggu 22 Maret 2020 sampai sore tadi. 

Sederhana tapi penuh makna dan sangat berguna untuk pencegahan mewabahnya virus korona di Kabupaten Bombana. Tempat cuci tangan ini diletakkan di Indomaret, Indah Mart, Merry Cell, Cindy Studi, Masjid SMA Doule, Simpangan SMA Doule, Simpangan Jalan Imam Bonjol, Kantor Lurah Doule, dan Toko Arsal.

Sengaja diletakkan di pusat-pusat keramaian, di tempt orang banyak lalu lalang. Dengan demikian banyak warga yang mencuci tangan dan tentunya kamapanye ajakan cuci tangan pun dilakukan."hal ini diungkapkan Sukaji Ramang dirumah kediamannya, Senin, 23/3)2020

Menurutnya, Mekanisme pengadaan tempat cuci tangan ini bervariasi, beberapa pihak datang ambil sendiri di rumah dan sebagian lagi diantarkan oleh kepala lingkungan masing-masing,"terangnya.

setelah Sukaji berkoordinasi dengan pihak terkait, Menurutnya pengadaan tempat cuci tangan ini masih akan terus dilakukan sebagai upaya pencegahan virus korona, beliau berharap lewat aksi kecilnya ini bisa mencegah covid 19 mewabah di Kabupaten Bomabana.

Luar biasa memang peran dari Lurah baru satu ini meski masih dalam masa isolasi mandiri 14 hari kedepan, beliau masih mampu berbuat banyak untuk pencegahan virus kecil berukuran 150 nano ini. 

“Niatan saya ini sebenarnya, sudah terpikirkan sewaktu saya masih di Jogja, malah saya minta Ketua TP PKK Kelurahan untuk mengadakan tempat cuci tangan atas nama PKK namun baru bisa saya realisasikan sepulang dari Jogja tanggal 20 Maret lalu,"jelasnya.

dan meskipun saya masih dalam masa isolasi, "kata Sukaji, saya tetap akan upayakan pengadaan tempat cuci tangan ini sebanyak-banyaknya”, tuturnya saat dikonfirmasi melalui Via Telpon.

Membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas memang harus dilakukan. Terlebih lagi usahakan jangan menyentuh bagian wajah, mata dan mulut ketika sudah menyentuh sesuatu. Sesering mungkin budayakan cuci tangan karena terkadang kita tidak sadar telah menyentuh sesuatu benda yang bisa jadi terpapar virus menyeramkankan ini."pintanya.

Ketika ditanya latar belakang pilihan aksi yang dilakukan pak Can ini (demikian panggilan akrabnya red), beliau menyampaikan aksi ini mudah dilakukan, hemat dan dapat dipakai oleh banyak orang. 

“Kalau masker kan barangnya sudah langka dan susah saya dapatkan, jadi saya cari yang lain yang bisa berguna untuk orang banyak tapi anggarannya sedikit, saya terpikir tempat cuci tangan saja, ”ucapnya

Tak hanya penyediaan tempat cuci tangan, Sukaji Ramang juga telah melakukan upaya pencegahan virus ini melalui pembuatan media wa group khusus kecamatan. WA Group  COVID-19 Kec. Rumbia ini dibuat untuk menggalang kepedulian warga dan orang-orang sekitar supaya bisa memutus rantai penyebaran covid 19 ini. Semua ODP (orang dalam pemantauan) yang keluar masuk kabupaten Bombana dapat diupdate melalui group ini. 

Ajakan untuk secara sadar tidak melakukan perjalanan ke luar Bombana dan melaporkan diri ke satgas kecamatan pun kerapkali dilakukan."tutupnya.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda