SAFE YOUR SELF FROM COVID-19

SAFE YOUR SELF FROM COVID-19

Pada saat ini sedang mewabah virus disejumlah negara termasuk Indonesia yang disebut dengan virus corona atau covid-19. Informasi tentang covid-19 didapatkan melalui media sosial, TV maupun dari perbincangan orang-perorang disekitar kita.

Saat ini kasus covid-19 positif  bertambah terus tiap harinya, termasuk diindonesia dengan update kasus pertanggal 24 Maret 2020 yang positif menembus angka 686 dengan angka kesembuhan 30 dan yang meninggal 55 orang. Harapan kita selalu agar angka-angka tersebut tidak bertambah lagi. 

    Untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah daerah bombana sudah berupaya melakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk memutus rantai penularan sejak indonesia dalam hal ini pemerintah pusat mengumumkan adanya kasus positif corona. Hal-hal yang dimaksud antara lain menghimbau masyarakat agar menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang, menghindari pertemuan yang dihadiri banyak orang dan lebih baik beraktivitas dirumah, kalau terpaksa keluar untuk urusan mendesak agar dapat melakukan physical distance
Selain itu membiasakan cuci tangan  sesering mungkin menggunakan sabun meski bukan sabun antiseptik, karena virus bisa mati jika bertemu dengan sabun jenis apapun. Kalaupun harus keluar rumah untuk keperluan mendesak sediakan hand sanitiser sebagai pengganti sabun untuk sementara. Karena seperti kita ketahui bersama terkadang penderita covid-19 yang positif tidak menimbulkan gejala. Pemerintah daerah juga menghimbau untuk melakukan desinfeksi. Saat ini pemerintah daerah telah melakukan desinfektan ke tempat-tempat umum seperti pasar, mesjid dan kantor-kantor. Dan jangan lupa selalu  mengkonsumsi makanan begizi berupa sayur-sayur dan buah-buahan.
Terakhir dihimbau agar masyarakat jangan panik, jangan percaya dengan hoax-hoax yang beredar dimasyarakat dan media sosial dan Banyak berdoa semoga wabah ini segera diangkat oleh Allah. 
Jadi kita sebagai warga negara yang baik, marilah mengikuti arahan dan himbauan pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan yaitu membiasakan diri hidup ber PHBS ( Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan menggalakkan GERMAS hidup sehat , tidak melakukan aktivitas yang tidak perlu diluar rumah kecuali mendesak, social or physical distance, melaporkan jika ada kenalan atau kerabat yang baru datang dari daerah yang masuk kedalam area transmisi lokal corona agar segera didata sehingga mempermudah pekerjaan dari satgas covid-19 bombana.
Terima kasih untuk mengikuti anjuran dan himbauan dari pemerintah. Semoga segala ikhtiar yang kita lakukan yang disertai doa bisa dikabulkan oleh Allah pencipta covid-19 ini.
HERLINA
MAHASISWA PASCA SARJANA
PRODI KESEHATAN MASYARAKAT
UNUVERSITAS HALUOLEO

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda