Mencegah Penularan Covid-19, Konsumsi Gizi Seimbang Sangat Penting

Mencegah Penularan Covid-19, Konsumsi Gizi Seimbang Sangat Penting

Mencegah Penularan Covid-19, Konsumsi Gizi Seimbang Sangat Penting

Corona Virus Desease, disingkat (Covid -19) adalah keluarga besar virus yang terdiri dari banyak jenis virus. Berbagai jenis virus corona itu dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari batuk, pilek biasa hingga yang lebih berbahaya seperti sindrom pernapasan akut parah (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS). Untuk menangkal dan mencegah penyebarannya dianjurkan untuk mengkonsumsi makan bergizi seimbang.

Seperti kita ketahui, Virus corona adalah zoonosis, artinya cara penyebaran virus ini bisa ditularkan dari hewan ke manusia. Sesuai Penyelidikan yang telah dilakukan secara terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditularkan dari musang ke manusia, dan MERS-CoV dari unta arab ke manusia. Tetapi ada beberapa jenis virus corona pada hewan yang sampai saat ini diketahui belum menginfeksi manusia."Hal ini dijelaskan Sudryani Usman saat Menulis Artikel tentang Pencegahan Virus Corona, Kamis, 26/3/2020

Ia Mengatakan, Pada tanggal 31 Desember 2019, kantor WHO di China diberitahu tentang kasus pneumonia yang penyebabnya tidak diketahui terdeteksi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kemudian pada 7 Januari 2020 pihak berwenang China mengidentifiasikan bahwa penyebabnya adalah virus corona baru atau disebut (novel coronavirus).

Pada tanggal 11 Februari 2020, WHO memberi nama khusus untuk penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru, yaitu COVID-19 yang adalah singkatan dari coronavirus disease 2019 (penyakit virus corona 2019). Belakangan virus corona baru itu juga diberi nama SARS-CoV-2, singkatan dari severe acute respiratory syndrome coronavirus 2.

Menurut saya, Wabah di Wuhan itu dikaitkan dengan pasar makanan laut dan pasar hewan hidup yang besar di sana, mengingat cara penyebaran virus corona yang melalui hewan.

Olehnya itu, Belakangan semakin banyak pasien dilaporkan tidak mengunjungi pasar hewan, yang menunjukkan bahwa penyebarannya dari orang ke orang. Tidak hanya di China, kasus infeksi virus tersebut juga dilaporkan terjadi di Italia, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Jepang, Malaysia, Australia, Jerman, Amerika Serikat, Prancis, Indonesia, dan banyak negara lainnya (lebih dari 100 negara) Di Indonesia."katanya.

Selanjutnya, Pada tanggal 2 Maret 2020 dilaporkan kasus positif COVID-19 yang pertama. Adalah Virus corona ini bisa menyebabkan infeksi sistem pernapasan manusia. Biasanya gejala manusia yang terkena virus corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas. Oleh Karena itu, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap Virus Corona.

Kehadiran virus corona akhir-akhir ini menjadikan masyarakat seluruh dunia khawatir. Hal ini disebabkan karena jumlah korban terpapar virus corona semakin meningkat, sehingga muncul berbagai cara untuk melakukan antisipasi menghindari serangan virus corona dengan cara Mencuci tangan dengan air yang mengalir dengan sabun, mengurangi bersentuhan atau kontak fisik terhadap pihak pihak yang berpotensi saat berinteraksi di tempat umum penularan virus corona.
Hindari paparan asap rokok
Perokok pasif dan aktif lebih rentan terkena penyakit saluran pernafasan seperti penyakit paru-paru.

Sementara itu, seperti penyakit virus corona lainnya (SARS) dan MERS),Covid 10 adalah penyakit yang menyerang system pernapasan sehingga paru- paru merupakan organ yang lebih dulu terkena. Penangkalnya yaitu dengan cara Minum air putih yang bersih dan cukup. Air, seperti kita ketahui bahwa, Air dibutuhkan untuk membantu system pencernaan serta membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Di butuhkan sekitar 2 liter setiap hari atau sekitar 4 botol air mineral (ukuran 500 ml).
Melakukan aktifitas fisik Sebaiknya olah raga dilakukan minimal 30 menit dalam sehari. Selain itu, bisa juga Kelola stress dengan cara Istrahat yang cukup.

Beberapa ahli menganjurkan agar durasi tidur dalam sehari ialah 6-7 jam. kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Dari beberapa hal  diatas dalam upaya pencegahan COVID-19 diperlukan juga pertahanan tubuh yang optimal. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang. Konsumsi gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya.

Gizi seimbang yaitu susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.
Konsep gizi seimbang harus terpenuhi unsur-unsur gizi lengkap  (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin,  mineral, air dan serat. Dalam jumlah yang cukup tidak berlebihan dan tidak kekurangan dan sesuai kebutuhan tubuh.

Adapun makanan sumber Karbohidrat kompleks (Biji-bijian/beras) artinya membatasi karbohidrat simpleks( gula,tepung tepungan dan produk turunan dari tepung).Batasi Konsumsi minyak sebisa mungkin dan  bukan berasal dari gorengan. Selain itu, untuk pertahanan tubuh terhadap virus harus memperhatikan vitamin dan mineral yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, asam lemak omega 3, selenium, zinc, besi dan tembaga.

Dengan mengkonsumsi aneka ragam bahan makanan maka kecukupan vitamin dan mineralpun dapat terpenuhi. Seperti Sayur dan buah sebagai makanan sumber vitamin dan mineral atau anti oksidan. Mengkonsumsi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi buah 2- 3 porsi sehari ( 1 Porsi sekitar 75-100 gram ) serta sayur 3-4 porsi sehari ( 1 Porsi sekitar 100 gram). bukan hanya sayur dan buah tetapi Lauk Hewani dan Nabati Juga harus terpenuhi. Lauk Hewani ( Telur dan Ikan) dan Lauk nabati ( Tempe,Tahu, dan kacang kacangan) juga sangat baik oleh tubuh.

Kami harap kepada seluruh masyarakat jangan lewatkan mengkonsumsi 2-4 porsi lauk hewani dan nabati dalam sehari (1 Porsi sekitar 50- 75 gram). Meskipun makanan bukan sepenuhnya sebagai penangkal infeksi virus, tetapi dengan gizi yang baik sistem kekebalan akan lebih kuat sehingga akan memberikan perlindungan extra bagi tubuh anda. konsumsi makanan gizi seimbang dan perilaku hidup sehat dapat membantu anda dan keluarga, sehingga terlindung dari wabah penyakit."tuturnya.

Penulis : Sudrayani Usman
Mahasiswa Pascasarjana Kesmas UHO

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda