New Normal Adalah Momentum DPPKB Dalam Menggenjot Pelayanan KB

New Normal Adalah Momentum DPPKB Dalam Menggenjot Pelayanan KB

Kominfo, DPPKB – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana  kembali menggelar Pertemuan Evaluasi Capaian Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) BOKB Tahun Anggaran 2020 dengan mengundang seluruh Kepala UPTD Balai Penyuluh KB, kegiatan berlangsung di UPTD Balai Penyuluh KB Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jumat, (19/6)

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bombana, Drs. H. Abdul Azis, M.Si, Sekretaris DPPKB Irna Rochati Ningrum, S.TP., MM, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Nurpiarni, S.Kep., M.Kes. Kepala Bidang Ketahanan dan Keluarga Sejahtera St. Rahma Yusuf, SKM., M.Kes, Kepala Bidang Keluarga Berencana Herlina, SKM, seluruh Kepala Seksi dan staf DPPKB Kabupaten Bombana.

Dalam arahannya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bombana (DPPKB) Drs. H. Abdul Azis, M.Si mengatakan BOKB Secara umum mendukung tercapainya sasaran prioritas pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) untuk menyediakan dukungan operasional bagi Balai Penyuluhan KB, dan Kampung KB dalam upaya mencapai tujuan program secara Nasional.

“Setiap tahun Kegiatan ini dilaksanakan yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program menyangkut capaian dan langkah–langkah operasional. Selama Pandemi Covid-19 mengurangi akses ke layanan kesehatan reproduksi serta membatasi sosialisasi dan penyuluhan KB. Karena itu, di masa tatanan kehidupan baru atau new normal setelah meredanya pandemi seharusnya dimanfaatkan untuk segera menghidupkan kembali pelayanan KB" ujarnya saat membuka acara bangga kencana, Jumat, 19/6/2020 pagi tadi

Pertemuan ini dibagi tiga gelombang, sehingga harus mengubah cara komunikasi dan bertatap muka dengan UPTD KB, penyuluh/petugas lapangan KB dan kader. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19, serta mempersiapkan diri memasuki New Normal untuk tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB), Herlina, SKM dalam memberikan materi mengatakan Pelayanan sejuta akseptor KB merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dengan target masuk Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Acara peringatan Harganas Ke-27 rencananya diselenggarakan dalam beberapa kegiatan seperti sosialisasi serta bakti sosial, sementara hari puncaknya di adakan pelayanan Sejuta akseptor pada tanggal 29 Juni 2020,” jelasnya.

"Pelayanan ini tidak sekaligus dilakukan di satu tempat tetapi tersebar disemua kecamatan dengan tetap mengikuti dan memperhatikan protokol kesehatan, jadi kami tidak menumpuk akseptor di satu tempat, tapi disemua tempat pelayanan yang ada kita buatkan pelayanan, Sehingga tidak terjadi penumpukan massa yang berlebihan" bebernya.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatangan Fakta Integritas untuk Kepala UPTD KB dipimpin langsung oleh Kepala DPPKB yang merupakan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Penandatangan Pakta Integritas ini sesuai tujuannya adalah mensukseskan program Bangga Kencana di Kabupaten Bombana.

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda