Gelar Lomba Perpustakaan Antar Desa, Desa Lakomea Keluar Sebagai Juara Umum

Gelar Lomba Perpustakaan Antar Desa, Desa Lakomea Keluar Sebagai Juara Umum

Kominfo, - Perpustakaan gembira desa lakomea berhasil keluar sebagai juara umum dalam lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat Kabupaten bombana tahun 2020. penyerahan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan ini berlangsung dikantor dinas perpustakaan kabupaten Bombana pada dua Minggu lalu, Jum'at, 12/6/2020

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bombana, yang diwakili Kabid pengembangan Sulfiah usai penyerahan piala menjelaskan, dalam lomba yang berlangsung terdapat empat katagori yang menjadi penilaian oleh tim penilai tingkat kabupaten. Dari empat katagori penilaian inilah, perpustakaan gembira desa lakomea  akhirnya berhasil mendapatkan nilai terbaik dan ditetapkan sebagai juara umum pada lomba tahun ini, "ungkap Sulfiah saat dikonfirmasi diruang kerjanya

Dari enam perpustakaan desa/kelurahan ini sudah memenuhi beberapa kriteria penilaian. Adapun yang menjadi kriteria pokok yang dijadikan unsur penilaian antara lain : Organisasi Perpustakaan, Gedung/Ruang Perpustakaan, Sarana dan Prasarana, Tenaga Pengelola, Koleksi Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan, Promosi, Kerjasama Perpustakaan, Anggaran Perpustakaan dan Kegiatan Pendukung.

Seperti memiliki ruangan perpustakaan sendiri. Artinya, perpustakaan tidak menyatu dengan ruang pelayanan, karena kalau diruang pelayanan itu namanya pojok baca bukan perpustakaan,” sebut Kabid pengembangan  di kantor dinas Perpustakaan kabupaten bombana.

Menurutnya, buku-buku yang tersedia terdiri dari buku fiksi dan non fiksi, bukan buku-buku pelajaran. Buku-buku tersebut juga sudah diolah, terdata dan ada penomoran khusus.

“Perpustakaan juga sudah mempunyai buku daftar pengunjung dan peminjam buku serta dukungan lainnya,” tuturnya.

Sulfiah mengatakan, dari kriteria – kriteria tersebut, tim juri memutuskan perpustakaan gembira desa lakomea  , Kecamatan rarowatu keluar sebagai juara I di susul perpustakaan wata roda Kelurahan teomokole , Kecamatan Kabaena dan perpustakaan Measa laro Desa langkema , Kecamatan Kabaena selatan.

“Untuk juara I selanjutnya akan kami ikut sertakan pada lomba perpustakaan umum desa/kelurahan di tingkat Propinsi Sultra yang tidak lama lagi diselenggarakan oleh dinas perpustakaan provinsi Sultra, "kata sulfiah

Adapun pemenang lomba perpustakaan umum desa/kelurahan yaitu:
1. Juara I Perpustakaan gembira desa lakomea
2. Juara II perpustakaan wata roda kelurahan teomokole kecamatan Kabaena
3. Juara III Perpustakaan measalaro desa langkema kecamatan Kabaena selatan
4. Juara harapan I perpustakaan desa batu awu kecamatan Kabaena Selatan
5. Juara harapan II Perpustakaan desa Akacipong
6. Juara harapan III Perpustakaan desa ranokomea.

Turut hadir dalam acara ini seluruh pegawai dinas perpustakaan dan perwakilan dari masing-masing perpustakaan desa/kelurahan yang berhasil mendapat juara dalam penilaian lomba perpustakaan umum desa/kelurahan yang dilakukan pada bulan Mei yang lalu.

Laporan : Asmar
Sumber : Dinas Perpustakaan

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda