Bupati Bombana Terima Penghargaan Opini WTP Tujuh Kali Berturut-Turut

Bupati Bombana Terima Penghargaan Opini WTP Tujuh Kali Berturut-Turut

Kominfo Bombana – Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diberikan oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BKP-RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara M. Ali Asyhar SE.,AK., CSFA, CA., Kepada Bupati Bombana  H. Tafdil, SE.,MM

Pada proses pemberian penghargaan WTP ini, Bupati Bombana didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Bombana Ardi. A, SP.,MP. Kepala Inspektorat Drs.Man Arfa,  M.Si. bersama Kepala BKD Bombana Darwin, SE. Dimana Penghargaan tersebut diberikan di kantor Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari

Acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (22/6) lalu. Ini adalah penghargaan tujuh kali berturut-turut yang diterima Pemda Bombana melalui Bupati H. Tafdil

”Opini BPK atas LKPD didasarkan pada empat kriteria, yaitu Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern” ungkap Drs.Man Arfa. M.Si sebagai Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Bombana

Atas capaian yang diperoleh, Bupati H.TAFDIL mengaku sangat bersyukur. ”Alhamdulillah, Bombana kembali mendapatkan predikat WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, dan berjanji akan tetap mempertahankan Predikat WTP ini hingga Tahun berikutnya. Meski mendapat Predikat WTP,  Bupati Bombana masih selalu berinovasi karna banyaknya Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah Daerah Kab. Bombana, "ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bombana, serta kepada pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih di lingkup Pemkab Bombana yang sudah bekerja secara jujur, transparan dan akuntabel. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tim dari BPK yang sudah memeriksa selama kurang lebih dua bulan. ”Termasuk juga arahan-arahan agar ke depannya lebih baik lagi,” tandas H.TAFDIL.

Bupati menambahkan, opini WTP yang diperoleh tidak luput dari peran kerjasama antara eksekutif dan legislatif. ”Pencapaian ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan, karena ke depan Bombana harus lebih baik dari sekarang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara mengungkapkan, opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan daerah, untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang akuntabel.

Namun, bukan berarti kebal terhadap kasus -kasus yang berkaitan dengan korupsi. Jadi diharapkan Pemerintah Kabupaten Bombana untuk terus mempertahankan prestasi ini. ”Kami berharap agar Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diterima masing-masing daerah dapat mendorong dan memotivasi untuk terus memperbaiki  pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ke depan,” ucapnya.

Ditempat Terpisah, Ketua DPRD Bombana mengucapkan selamat atas opini WTP untuk LPKD Kabupaten Bombana Tahun Anggaran 2019. Ia meminta  pencapaian ini harus dipertahankan dan terus berbenah untuk memperbaiki kinerja, agar lebih baik lagi.

”Sekali lagi selamat dan sukses kepada Bupati Bombana, dan ini harus menjadi motivasi bagi ASN di Pemkab Bombana agar lebih semangat dan bekerja keras untuk menjadikan tahun-tahun mendatang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Laporan : Muliadi
Sumber : Inspektorat Daerah

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda