Harganas ke-27, Pelayanan KB gratis Sejuta Akseptor di Bombana Lampaui Target

Harganas ke-27, Pelayanan KB gratis Sejuta Akseptor di Bombana Lampaui Target

Kominfo, DPPKB -  Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB)  Kabupaten Bombana laksanakan Pelayanan KB Sejuta Akseptor yang dilakukan secara serentak di lakukan di 23 Fasilitas Kesehatan (faskes) di Kabupaten Bombana pada 29 Juni 2020 pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan peringatan Harganas XXVII. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor. Kegiatan ini dilaksanakan secara nasional untuk memenuhi rekor MURI.

Bupati Bombana H. Tafdil SE., MM mengatakan pelayanan keluarga berencana (KB) sejuta akseptor dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, kegiatan pemasangan KB gratis ini untuk memotivasi sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya alat KB. dan Tujuannya juga untuk menunda kehamilan di masa pandemi Covid -19.

Bupati menambahkan apresiasi kepada seluruh petugas dan penyuluh KB serta kader yang telah bekerja keras dalam mensukseskan program Pemerintah. 

“Keberhasilan pelayanan KB hari ini, tidak terlepas dari kerja keras bapak ibu penyuluh, bidan dan kader,” kata Bupati 2 Periode ini pada acara pelantikan Sekda Bombana, Senin (29/6/2020).

Sedangkan Ketua TP-PKK Kabupaten Bombana yang juga anggota DPD Perwakilan Sulawesi Tenggara Hj. Andi Nirwana Sebbu, SE., MM mengatakan Pelayanan KB gratis sejuta akseptor sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan KB secara gratis.

“Hanya dengan membawa identitas diri, serta dilakukan pemeriksanaan kesehatan akseptor langsung dapat dilayani” ucapnya saat melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan harganas.

Dalam pelaksanaannya, program bangga kencana, kiranya dapat menjangkau seluruh keluarga,  tanpa kecuali keluarga yang mengalami kesulitan, terutama di wilayah-wilayah miskin, padat  penduduk, wilayah nelayan, kumuh,  dan daerah lainnya.  Mereka juga harus merasakan manfaat kegiatan program bangga kencana secara langsung. Tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bombana, Drs. H. Abdul Azis, M.Si mengatakan target untuk pelayanan sejuta akseptor untuk Kabupaten Bombana sebanyak 1.209 Akseptor.

“Yang terlayani tanggal 29 Juni 2020 di 22 Kecamatan mencapai 2.628 akseptor atau 217,37 %,  itu berarti sudah melampaui target harganas yang diberikan perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Lanjut kepala DPPKB mengatakan Harganas tahun ini berbeda dengan tahun lalu.  Pasalnya saat ini masyarakat sedang di masa pandemi. DPPKB hadir di tengah masyarakat dengan cara baru, semangat baru untuk generasi baru" katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Keluarga Berencana Herlina, SKM mengatakan Pelaksanaan Pelayanan Sejuta Akseptor dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Poleang Barat, terkait pelayanan, tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid -19. Para tenaga kesehatan atau bidan yang memasang alat KB menggunakan APD. imbuhnya

Dalam kesempatan yang sama Herlina menyampaikan terima kasih kepada kepala puskesmas, UPTD Balai Penyuluh KB, PKB/PLKB dan Bidan, yang telah memfasilitasi dan membantu dalam pelaksanaan pelayanan KB Gratis sejuta akseptor. pungkasnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bombana, Perwakilan BKKBN Provinsi, Pejabat DPPKB Kabupaten Bombana, Camat, Kepala Puskesmas, Danramil Poleang dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB).

Laporan : Adi Saputra

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda