TAFDIL, SOSIALISASI PEMBANGUNAN JALAN SEPANJANG 34 KM

TAFDIL, SOSIALISASI PEMBANGUNAN JALAN SEPANJANG 34 KM

Kominfo, Tontonunu - Rencana Pembangunan jalan sepanjang 34 km dan lebar badan jalan  20 meter disosialisasikan di Kecamatan Tontonunu (7/7). 

Bupati Bombana H.Tafdil, SE. MM mengungkapkan, Pembangunan Jalan sepanjang itu, akan menghubungkan Kecamatan Poleang Tengah dan Kecamatan Lantari Jaya.

“Jalan itu nantinya akan dibangun PT Jhonlin Batu Mandiri yang bergerak di sektor Usaha Pabrik Gula,  pembangunan jalan akan melewati  beberapa kecamatan yakni Kecamatan Poleang Selatan, Poleang Tengah, dan Tontonunu” kata bupati.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Anggota DPD-RI perwakilan Sultra Hj.Andi Nirwana Sebbu, SE.MM Kasat Pol.PP Alimin, S Sos, Kadis Lingkungan Hidup Drs. Alimuddin, Kapolsek Poleang Iptu Andi Makkulau, Dan Ramil 1413-12 Poleang yang diwakili Babinsa Serka Sultan, para kepala desa serta warga di Kecamatan Tontonunu. 

Dikatakan Bupati,  bahwa pembangunan jalan yang menghubungkan Poleang dan Lantari jaya (Polari) akan dikerjakan pihak swasta yakni PT.Jhonlin Batu Mandiri. Bukan hanya itu, perusahaan yang bergerak di sektor industri dengan Merek  Pabrik Gula Bombana, juga sedang membangun pelabuhan. 

Terkait dengan itu, warga yang terkena lokasi pembangunan jalan bisa  merelakan lokasi perkebunannya untuk dijadikan jalan dengan catatan tetap ada ganti rugi sesuai  kemampuan pihak swasta yang sewajarnya dan akan menjadi amal jariyah, "ujarnya 
 
Tafdil menuturkan “Pembangunan pabrik gula di Bombana merupakan  proyek strategis nasional  yang menjadi arahan dari  pemerintah pusat. Karena itu  secara institusi meliputi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah untuk mengawal agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik” terangnya.
 
Untuk mendukung kelancaran arus bongkar muat, pihak PT JBM sedang membangun pelabuhan dan bukan pelabuhan khusus tetapi Pelabuhan Umum. Pelabuhan ini nantinya akan  menghubungkan Batu Putih – Bajoe bahkan India. 

Bupati mengharapkan seluruh komponen masyarakat agar mendukung, rencana tersebut serta merespon dengan baik agar pembangunan jalan  ini bisa dilaksanakan sesuai yang kita harapkan tanpa ada kendala. mengenai ganti rugi lokasi atau lahan, berupa tanaman kelapa, Coklat, Pisang dan lainnya, tetap ada sesuai kemampuan perusahaan. 

Dihubungi terpisah Camat Tontonunu Muhulifu, S.Ip. mengungkapkan langkah awal yang dilakukan dari tindaklanjut sosialisasi pembangunan jalan dimaksud, adalah melakukan  survei tim bersama pemerintah desa dan  pemerintah kecamatan karna banyak kebun masyarakat dan pemilik lahan yang akan dilalui untuk diberikan edukasi dan pemahaman.

“Kita akan jelaskan  dan berikan  pemahaman pada warga  manfaat pembangunan jalan  yang tadinya harganya mungkin kecil setelah dibangunkan jalan tentu nilai dan harganya, akan meningkat” Ujarnya. 

Laporan : Husain
Sumber : Kec. Tontonunu

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda