Permudah Akses Data, Dinas PMD Bombana Ciptakan Aplikasi Data Kontrol (eDMC)

Permudah Akses Data, Dinas PMD Bombana Ciptakan Aplikasi Data Kontrol (eDMC)

Kominfo, (DPMD) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan Pelatihan Aplikasi Desa dalam rangka pencegahan dan penanganan melawan Covid-19 (eDMC) pada Rabu, 22 Juli 2020 bertempat di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.Bombana yang diikuti oleh operator dari Kelurahan di wilayah Poleang Kab. Bombana.

Drs. Hasdin Ratta selaku Kepala Dinas PMD mengatakan bahwa Aplikasi desa melawan Covid-19 adalah untuk memantau tingkat kerawanan desa terhadap pandemi Covid-19 dan untuk memonitor proses dan hasil penginputan data sekaligus mengetahui kondisi desa dan operator untuk mengimput data, hal ini juga tak lain adalah sebagai tindak lanjut atas Surat Kemendes, PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemantauan Penggunaan Aplikasi eDMC. 

"jadi Aplikasi ini terintegrasi langsung kepusat sehingga Pemerintah desa melalui Operator desa maupun Kelurahan dapat mengimput data real terkait kondisi desa maupun di kelurahan, "kata Hasdin Ratta.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, turut Hadir sebagai pemateri pada pelatihan ini, Tenaga Ahli P3MD (Taurus Ahmad), ia menjelaskan  bahwa fitur kegiatan gugus tugas terdapat isian kegiatan apa saja yang dilakukan oleh relawan Kelurahan dalam upaya pencegahan dan penanggulan Covid-19.

Menurutnya, fitur media menyajikan informasi mengenai media tentang Covid-19, contoh-contoh kegiatan relawan Kelurahan, dalam fitur yang dibagikan ke masyarakat, "tutur Taurus Ahmad.

Selain itu, Ahmad memastikan bahwa data ini akan dipantau setiap saat oleh pemerintah Daerah, Propinsi hingga kepusat, sehingga semua kegiatan yang dilakukan dapat terpantau secara keseluruhan, "tuturnya.

Laporan : Desrianti
Sumber : Dinas PMD Bombana

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda