Tingkatkan Pelayanan Bidan dan Admin, Kadis Kesehatan Bombana Serahkan 160 Buah HP

Tingkatkan Pelayanan Bidan dan Admin, Kadis Kesehatan Bombana Serahkan 160 Buah HP

Kominfo, Dinkes - Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, baik dalam tugas bidan Koordinasi ataupun bidan Desa, dimana tugas ini mempunyai tanggung jawab besar dalam meningkatkan pelayanan secara maksimal terhadap wilayah kerja masing-masing.

Untuk itu, sebagai bentuk keberhasilan dalam pelayanan nantinya, kepala dinas kesehatan kab. Bombana, dr. Sunandar, menyerahkan berupa Hand Phon kepada para Bidan Koordinasi (Bidkor) dan Bidan Desa (Bindes) secara Simbolis, diaula rapat Dinkes, Selasa, (21/7)

"Penyerahan barang HP ini kepada para Bikor dan Bindes serta beberapa Admin Dinkes, tujuannya adalah untuk mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat yang ada di wilayah kerja mereka, sekaligus sebagai penunjang kegiatan para bidan, "kata dr. Sunandar.

Penyerahan HP ini di damping oleh Kepala Bidan Kesehatan Masyarakat Dinkes Fatmiati Rinambo, kepada Bikor dan Bidan Desa Puskesmas Rumbia dan Pengelola Progran Dinkes dan juga penyerahan Laptop kepada Admin Dinkes pada hari selasa tanggal 21 Juli 2020 di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana. 

Mantan Direktur RSUD, dr.H.Sunandar, MM.Kes menjelaskan, penyerahan itu juga tujuannya untuk mengontrol Jaringan Informasi Ibu Hamil dan Bayi, yang disebut sebagai (JAMILA).

kata Sunandar, Jaringan aplikasi ini yang memudahkan pihak Dinas Kesehatan untuk melakukan pendataan ibu hamil dan bayi, serta monitoring perawatan ibu hamil serta bayi. Dimana aplikasi ini merupakan inovasi dari Pemkab Bombana dalam menurunkan Angka kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematiam Bayi (AKB), "katanya.

Aplikasi ini memiliki 3 kelompok pengguna yaitu Bidan desa, Bidan Koordinator dan Admin Dinas Kesehatan. “jadi HP ini dibagikan agar dapat memantau perkembangan terhadap Ibu hamil dan bayi yang ada di wilayah kerja masing-masing bidan, " tuturnya.

ia mengungkapkan Sebanyak 160 buah HP yang akan diberikan kepada bikor, bidan desa se Kabupaten Bombana dan juga pengelola program di Dinas Kesehatan sedangkan untuk Laptop sebanyak 2 buah di berikan kepada Admin yang ada di Dinas Kesehatan, "ucap dr. Sunandar.

Senada hal tersebut, Kabid Kesehatan Masyarakat Fatmiati Rinambo, SST menambahkan untuk penyaluran HP tersebut digunakan untuk aplikasi Jamila yang akan dilakukan pelatihan untuk penerapan aplikasi yang di rencanakan pada bulan Agustus mendatang.

Menurut Fatmiati, HP Tersebut diberikan untuk memudahkan bagi para bikor dan bidan desa untuk memantau keberadaan dan keadaan ibu hamil dan bayi serta ketersediaan data jumlah bumil dan bayi yang ada di desa, baik ibu hamil yang berisiko tinggi dan yang tidak berisiko tinggi.

Mantan Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) menegaskan Sebagai bentuk meningkatkan layanan ibu hamil berkualitas dengan inovasi JAMILA menuju AKI nol dan AKB nol. "Untuk itu, di harapkan dengan adanya HP ini para bikor dan bidan desa dapat memanfaatkannya untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak, "tuturnya.

Laporan : Andi Musdalifah
Sumber : Dinkes Bombana

Komentar

Belum ada komentar

Komentar Anda