SEMARAK DAN SUKSES JAMBORE KADER PKK DI KONSEL, BOMBANA UTUS 400 PESERTA DEVILE

SHARE:
  •  
  • 31
  •  
  •  
  •  

Rumbia, KOMINFOS.

Gubernur Sultra, Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd. bersama Ibu Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Sultra Dra. Hj. Ika Oktaviana Teguh Setyabudi sesekali menebar senyum dan diiringi tepuk tangan yang meriah dari tamu undangan di panggung kehormatan lokasi pelaksanaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra di Stadion Lababa Silondae Sabtu (28/7). Sorak-sorai dan yel-yel dari 17 peserta jambore kader PKK kabupaten kota melengkapi suasana dan menambah semaraknya pembukaan kali ini.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Membuka Kegiatan Jambore PKK Provinsi Sulawesi Tenggara (Sumber Foto : Fb Humas Setda Konawe Selatan)

Tepat pukul 09.30 pagi itu Rombongan Gubernur Sultra didampingi Bupati Konawe Selatan Drs. Surunuddin Dangga, ST, M.M didampingi Forkompinda Konawe Selatan memasuki arena pembukaan Jambore Kader PKK disambut dengan iringan music bambu yang dimainkan oleh anak-anak sekolah binaan dinas pendidikan.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Memberikan Sambutan Dalam Pembukaan Jambore PKK Sulawesi Tenggara (Sumber Foto : Fb Humas Setda Konawe Selatan)

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sultra Teguh Setyabudi mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mendukung dan mensuksekan 10 Program Pokok PKK.
“PKK merupakan salah satu ujung tombak pembangunan daerah, dukungan mereka akan membantu kinerja suami lebih baik. Makanya saya mengajak kepada kita semua untuk mendukung dan mensukseskan 10 program pokok PKK” Kata Teguh usai membuka Jambore PKK, Sabtu (28/7)

Untuk menyemarakkan pembukaan Jambore PKK panitia menerjunkan penari kolosal yang pesertanya dari siswa-siswi SMA se-Kabupaten Konawe Selatan. Tari kolosol yang bertemakan kalo sara sebagai tari penyambutan selamat datang di Bumi Andoolo.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana Hj. Andi Nirwana Tafdil, SP. MM. ditemui disela-sela pelaksanaan acara jambore pkk mengungkapkan, Untuk mendukung dan mensukseskan hajatan tahunan tingkat provinsi kali ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana mengutus sedikitnya 400-an orang peserta devile.

Anggota DPRD Kabupaten Bombana Periode 2014-2019 ini menambahkan kegiatan tahunan Kader PKK tahun 2018 mengusung tema “ Melalui Jambore Kader PKK Kita Mantapkan Kerjasama Dalam Melaksanakan 10 Program Pokok PKK”, kita dari Bombana mengutus 400 peserta untuk mengikuti kegiatan Jambore PKK kali ini” Ujarnya.

Jumlah 400 orang peserta tersebut melibatkan seluruh kader PKK dilingkup Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) mulai dari kelurahan dan kecamatan. Serta kader PKK lainnnya akan mengikuti kegiatan lomba yang dilaksanakan dari tanggal 28 s.d.30 Juli 2019. Kegiatan lomba yang diikuti kontingen dari Kabupaten Bombana meliputi Lomba Devile penyuluhan 10 Program Pokok PKK, Lomba memindahkan belut, bola gotong, memecahkan balon beregu, dan lomba kesenian.

Tari Kolosal

Dalam atrakasi devile peserta kader PKK dari Wonua bombana ini mengajak warga untuk bersatu dan bersama sama membangun PKK. Peserta devile dari Kabupaten Bombana menampilkan sepasang muda mudi dengan sentuhan busana tradisional Moronene yang mengantar persembahan “kompe” yang berisi cendra mata berupa kain tenum khas daerah Bombana dengan motif buri sininta dan sosoronga. Dan diberikan kepada gubernur sultra, ketua tim penggerak pkk provinsi sultra.

Ketua TP PKK Kabupaten Bombana Bersama Peserta Deville Jambore PKK

Kemudian pangan olahan yang menjadi ciri khas daerah Bombana yang diusahakan oleh warga binaan kader-kader PKK berupa Dempo (Olahan Pisang) dan Terasi Udang. Hal ini diisyarakan bahwa Usaha Ekonomi Kreatif yang menjadi penghasilan tambahan keluarga perlu mendapatkan perhatian khusus kepada semua pemangku kepentingan dalam rangka usaha meningkatkan pendapatan keluarga.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara bersama Bupati Bombana dan Ketua TP PKK Kabupaten Bombana Dalam Acara Lomba Cipta Menu

Selanjutnya dalam persembahan peserta yel-yel Kader PKK kabupaten Bombana mengajak untuk mensukseskan 10 program pokok PKK sehingga kader PKK makin, mandiri terdepan dan jaya. Dengan menjaga sanitasi lingkungan, meningkatkan ekonomi keluarga dan menyisihkan sebagian hasil pendapatan ekonomi keluarga dengan cara menabung.

Ketua TP PKK Bersama Peserta Jambore PKK Kabupaten Bombana

Menariknya, cendramata yang diserahkan bernuansa tradisional sebagai bentuk perhatian terhadap pelaku ekonomi kretaif di Kabupaten Bombana . Ketika ditanya Kominfos, Apa yang menjadi harapan dengan menampilkan ciri khas daerah dengan menyerahkan cendramata yang dikemas dalam wadah anyaman tradisonal.

Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Bombana mengungkapkan bahwa pihaknya mengajak kepada semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian serta menunjukkan kepedulian PKK kabupaten Bombana dalam mengerakkan sektor usaha ekonomi mikro dengan mengajak pelaku industri rumah tangga untuk berdaya saing dalam memafaatkan potensi lokal yang ada didaerah.

“Kita mengajak kepada semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama membina dan menumbuhkan usaha-usaha ekonomi kreatif yang ada didaerah dengan menggunakan bahan baku yang tersedia” ujarnya.

Penulis: Tim Kominfos/Editor: Anton Ferdinan.