DIKBUD BOMBANA TETAPKAN 67 PENERIMA BEASISWA GEMBIRA CERDAS BIDIK MISI

SHARE:
  •  
  • 123
  •  
  •  
  •  

RUMBIA, Kominfos

Sebanyak 67 Orang Calon Penerima Beasiswa Gembira Cerdas Bidikmisi yang menempuh studi pada 6 perguruan tinggi yang telah berkerja sama dengan Pemda Bombana boleh bernafas lega. Pasalnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor: 422.5/1545/2018 dan Surat Keputusan Nomor :422.5/1598/2018 Tentang Penetapan Penerima Beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas Tahun 2018.

Mahasiswa sejumlah itu, mereka yang sedang menempuh pendidikan di 6 Perguruan Tinggi terdiri dari: 1 orang di Politeknik Negeri Ujung Pandang pada program studi Teknik Komputer Jaringan (TKJ), 6 Orang di Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ,10 orang menempuh pendidikan di Universitas Sulawesi Tenggara, 10 Orang di Universitas Muhammadiyah Kendari, 8 orang di Universitas Sembilanbelas November Kolaka dan 32 orang pada Universitas Haluoleo Kendari.

Kepada Kominfos. Abdul Rauf Abidin menuturkan dua program unggulan Pemerintah Kabupaten Bombana disektor pendidikan yakni Beasiswa Gembira Cerdas dan Beasiswa Gembira Cerdas Bidik Misi telah melalui proses seleksi calon penerima. “Khusus untuk Gembira Bidik Misi sudah tidak ada kendala lagi dan penerimanya sudah di SK-kan dengan Keputusan Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana” ujarnya.

Dijelaskan, Beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas bertujuan meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang memiliki potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga miskin.

Rauf Abidin merinci tujuan pemberian beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas: (1) Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang berasal dari keluarga miskin; (2) menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat waktu;(3) Meningkatkan prestasi mahasiswa,baik pada bidang kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler; (4) menimbulkan dampak bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk meningkatkan prestasi dan kompetitif; (5) menghasilkan lulusan yang mandiri, berdaya saing,produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat; (5) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang teknik dan pertanian yang mampu mengambil peran dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Penanda Tanganan MOU tentang penerima penerima beasiswa gembira cerdas bidik misi

Banyaknya peminat dari warga Bombana maka disyaratkan sesuai Pasal 3 Peraturan Bupati Bombana Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelengaraan Beasiswa Bidik Misi Gembira Cerdas, penerima Beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas : adalah mereka yang masih bertastus sebagai
a. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat, yang akan lulus pada tahun berjalan dan setahun sebelumnya ;
b. Warga NegaraIndonesia yang berdomisil di Kabupaten Bombana yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) / kartu Keluarga (KK);
c. Berusia paling tinggi 20 tahun sejak berstatus mahasiswa;
d. Termasuk dalam kategori keluarga miskin berdasarkan data dari Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) atau memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan dokumen yang sah;
e. Keterbatasan ekonomi sebagaimana dimaksud pada huruf (d) adalah jumlah Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) yang disetarakan dengan UMP.
f. Calon penerima beasiswa mengajukan permohonan kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
g. Mempunyai potensi akademik baik yang didukung bukti dokumen yang sah;
h. Tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan/beasiswa lain yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, APBD dan swasta;
i. Bersedia menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah;
j. Dinyatakan lulus seleksi oleh Tim Seleksi Program Bidikmisi Gembira Cerdas; dan
k. Lulus seleksi masuk perguruan tinggi.

Beasiswa Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Beasiswa pada Perguruan Tinggi, yaitu 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan Sarjana, serta 6 (enam) semester untuk program Diploma III.

Bagi mahasiswa yang belum menyelesaikan pendidikan sesuai dengan tenggang waktu yang ditetapkan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Perguruan Tinggi dapat mengalokasikan biaya pendidikan yang bersumber dari dana yang sah.

Merujuk pada besaran biaya dan penetapan penerima, komponen Beasiswa Bidikmisi adalah Biaya penyelenggaraan pendidikan; Biaya hidup. Komponen Biaya sebagaimana dimaksud berjumlah Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester yang terdiri dari biaya penyelenggaraan pendidikan dan biaya hidup. Komponen Biaya sebagaimana dimaksud diberikan kepada penerima beasiswa melalui mekanisme transfer ke rekening mahasiswa yang bersangkutan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak dikehendaki terkait penyaluran beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas, tim Monitoring akan melakkan Pemantauan dan evaluasi Beasiswa Bidikmisi Gembira Cerdas dilakukan oleh tim yang ditetapkan Bupati, dan hasil pemantauan dan evaluasi selanjutnya dilaporkan kepada Bupati Bombana.

Pemberian beasiswa Gembira Cerdas berdasarkan hasil evaluasi dapat saja dihentikan apabila penerima beasiswa, dinyatakan telah melakukan tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap, dikenakan sanksi akademik dari perguruan tinggi, mengundurkan diri/cuti, pindah tempat studi, dinyatakan droup out, meninggal dunia; Dalam hal penerima beasiswa melanggar ketentuan maka dana dimaksud wajib dikembalikan ke Kas Daerah Kabupaten Bombana.

Penulis: Tim Kominfos
Editor : Anton Ferdinan