DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOMBANA MELAHIRKAN LAYANAN ‘KAKA SIDes MOICO”

SHARE:
  •  
  • 15
  •  
  •  
  •  

Rumbia, Kominfos
Dalam memberikan peningkatan layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana melaunching program layanan kependudukan yakni “KAKA SIDes MOICO”. Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Bombana Bapak H. Burhanuddin.A.HS.Noy, SE,.M.Si pada hari Kamis tanggal 11 Oktober 2018 di Aula Rapat Kantor Bupati Bombana yang dihadiri oleh Camat, keterwakilan kepala desa dari masing-masing kecamatan serta masyarakat umum.

Sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil menghadirkan pemateri dari Kantor Departemen Agama, Jumaing, S.Pdi yang secara khusus membahas pencatatan perkawinan yang tidak bisa dipungkiri banyak terjadi dilingkungan sosial kita diantaranya adalah permasalahan kawin dan cerai yang tidak tercatat. Hal ini senada dengan kebijakan terbaru pendaftaran penduduk dimana pada kartu keluarga terdapat tiga penambahan elemen data yakni penambahan kolom kepercayaan pada agama, golongan darah serta status perkawinan yang tercatat dan belum tercatat. Kebijakan kependudukan dengan pembaharuan kartu keluarga kawin tercatat dan belum tercatat menuai banyak pertanyaan dari peserta sosialisasi terutama para camat mengingat hal seperti ini telah sering terjadi pada masyarakatnya masing-masing.
Program Layanan ini menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana, FIRDAUS, S.Pd adalah inovasi layanan yang berakronim Kerjasama Administrasi Kependudukan melalui Sistem Informasi Desa yang Mudah, Optimal, Ikhlas, Cepat dan Oke disingkat menjadi “KAKA SIDeS MOICO” hal ini senada dengan motto layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yakni memberikan pelayanan denga MOICO (Mudah, Optimal, Iklas, Cepat dan Oke)
Menurut Sitti Ramlah, S.Si. M.Sc (Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Bombana) layanan ini dilaksanakan dengan membangun kerjasama antara desa yang menggunakan Sistem Informasi Desa, jadi tidak semua desa kami lakukan kerjasama. “Tahun ini kami membangun kerjasama dengan tiga desa yakni Desa Lamuru Kec. Matausu, Desa Masaloka Timur Kec. Masaloka Raya dan Desa Paria Kec. Poleang Tengah. Harapan kami untuk tahun-tahun selanjutnya semakin banyak desa yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Desa sehingga kami dapat melakukan kerjasama dengan layanan KAKA SIDes MOICO yang semakin bertambah. Untuk tahapan ini kami melakukan masih dengan sistem off line, harapan kami kedepan kerjasama ini sudah dilakukan melalui sistem online yang tentunya akan ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Layanan ini melibatkan fasilitator pendamping desa tingkat Kabupaten Bombana dan tim fasilitator yang memberikan edukasi kepada operator layanan SID di desa yang menjadi pilot project program layanan ini, itulah sebabnya ikon layanan KAKA SIDes MOICO ini seorang fasilitator pendamping desa SAHRUL, S.Pd. Selain itu untuk mempermudah layanan, operator SID di berikan buku Panduan layanan Aministrasi Kependudukan.

Tujuan dilaksanakannya program layanan ini adalah :
1. Terwujudnya kerjasama administrasi kependudukan secara berjenjang dari tingkat desa dan kecamatan
2. Terwujudnya akses pelayanan administrasi kependudukan yang semakin mudah, cepat dan efisien.
3. Terwujudnya data kependudukan desa yang akurat dan update
Manfaat dari layanan KAKA SIDes MOICO adalah :
1. Memberikan akses layanan administrasi kependudukan yang mudah, optimal, cepat dan efisien
2. Mendekatkan layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat

Diharapkan dengan lahirnya layanan KAKA SIDes MOICO ini, kegiatan proses pengadministrasian kependudukan dan pencatatan sipil semakin tertib pelaksanaannya, semakin memudahkan masyarakat terutama masyarakat desa untuk medapatkan dokumen kependudukan dan dapat meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan yakni kepemilikan Kartu keluarga, Kepemilikan KTP-el, Kepemilikan Akte Kelahiran dan Akte-akte catatan sipil lainnya.

Penulis : Admin OPD Disdukcapil
Editor : Tim Kominfos